Warga Masih Gelar Ziarah Makam Saat PSBB, Kok Bisa?

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Kegiatan ziarah kubur di hari Idul Fitri sudah menjadi tradisi di momen Lebaran. Bukan hanya dilarang mudik, masyarakat juga tidak bisa melakukan ziarah kubur seperti yang dilakukan di momen Idul Fitri sebelumnya.

Semua ini dilakukan sebagai satu langkah memutuskan mata rantai penularan virus corona.

Meski sedang pandemi Covid-19 kegiatan berziarah ke tempat pemakaman umum (TPU) tetap dilakukan sebagian besar warga Kota Tasikmalaya

Pantauan di TPU Cieunteung di Jalan Bantar Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya, pada hari Lebaran, Minggu (24/05), kegiatan ziarah tetap ramai.

Baca Juga:  Ada Pengumuman Nih Dari Menpan RB Untuk ASN

Salah satu peziarah, Bayu Nugraha (29), mengaku sengaja berziarah ke makam keluarganya pada hari pertama Lebaran. Sebab, ziarah pada hari pertama Lebaran telah menjadi tradisi di keluarganya.

Ia mengaku mengetahui dengan anjuran pemerintah selama PSBB, yaitu tetap berada di rumah. Namun, berziarah dianggap sebagai keyakinan pribadinya.

“Ini keyakinan pribadi. Meski ada imbauan, ziarah akan tetap saya lakukan,” kata dia.

Baca Juga:  Rp 38,8 Miliar Digelontorkan Untuk Renovasi Stadion Si Jalak Harupat

Kendati demikian, Uus tetap mengikuti anjuran pemerintah lainnya saat keluar rumah, yaitu menerapkan aturan jaga jarak (physical distancing) dan mengenakan masker. Karena itu, ia tak terlalu khawatir ketika berpergian keluar rumah, apalagi untuk hal yang menyangkut keyakinannya.

Selain itu, ia beralasan berani keluar rumah lantaran Kota Tasikmalaya tak termasuk dalam zona merah daerah penyebaran Covid-19.

“Yang penting kita tetap jaga diri sendiri saja,” terangnya.

Namun, data itu tak membuat warga Kota Tasikmalaya takut keluar rumah. Salah seorang peziarah lainnya, Arfan Achmad (39) mengaku sengaja tetap mengunjungi makam keluarganya pada hari pertama Lebaran meski tahu pandemi Covid-19 belum teratasi.

Baca Juga:  Dibagi Dua Tim, Persib Vs Tira Persikabo Akan Bermain 180 Menit

Baginya, berziarah ke makam ketika momen Lebaran merupakan kebiasaan yang sudah dilakukan setiap tahunnya.

Dia menyebutkan, saat masa lebaran seperti saat ini biasanya TPU Samaan selalu dipadati peziarah.

“Biasanya banyak warga luar kota datang seusai Salat Ied. Sekarang sepi sekali,” pungkasnya, sambil membersihkan rumput ilalang di sela makam. (Red)