Sering Memanaskan Makanan Bersantan Saat Lebaran? Yuk Kenali Dampak Buruknya

Jika santan dimasak terlalu lama maka santan akan mengeluarkan minyak dan lapisan minyak inilah yang berbahaya

Opor ayam yang menjadi santapan wajib di hari Lebaran. (Foto: Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Hidangan khas lebaran seringkali diwarnai dengan aneka ragam masakan yang berbahan dasar santan. Seperti opor dan rendang. Kedua makanan ini memang menjadi menu wajib saat lebaran Idul Fitri tiba.

Pada umumnya sajian Hari Raya Lebaran dibuat dalam porsi banyak dan biasanya tidak habis dalam satu kali penyajian. Namun sayangnya, hidangan tersebut tidak habis dalam satu kali santap dan menjasi menu sajian dalam beberapa hari kedepan.



Kedua hidangan biasanya kembali dipanaskan kembali sebelum disajikan, tak hanya sekali kegiatan memanaskan makanan tersebut bisa berulangkali, dan baru akan berhenti dikonsumsi saat sudah basi

Alhasil panganan yang identik dibuat dengan santan itu, mengalami beberapa kali proses pemanasan. Namun, berapa kali makanan bersantan boleh dipanaskan?

Ahli gizi dari Mayapada Hospital Kuningan, Christina Andhika Setyani, menjelaskan bahwa makanan apapun yang mengalami pemanasan berulang pasti akan mengurangi nilai gizi bahkan dapat mempengaruhi kesehatan tubuh.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Opor Ayam Sajian Makanan Lebaran Daging Rendang Bahaya Memanaskan Makanan Hari Raya Idul Fitri Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi