Fokus Pemulihan, Dedi Mulyadi Tanggung Biaya Hidup Keluarga Pasien Corona Di Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar, Dedi Mulyadi membiayai kebutuhan hidup para keluarga yang terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah Kabupaten Purwakarta.

Hal itu dilakukan agar pasien dapat fokus pemulihan dan menjalani isolasi dengan baik tanpa memikirkan kebutuhan keluarganya.

Hal itu dikatakan Dedi saat melakukan penjemputan warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Purwakarta di sejumlah lokasi, Selasa (26/5/2020).

“Akan kita tanggung biaya hidup keluarga korban hingga masa isolasi selesai dan yang bersangkutan dinyatakan negatif Covid-19 hingga bisa kembali ke rumah,” kata Dedi.

Baca Juga:  Masih Bandel, Mal Tetap Buka Akan Diberi Sanksi Pemkot Bandung

Selain itu, lanjut Dedi, pemerintah juga diminta tidak hanya melakukan tracing atas penyebaran dari kasus pertama Covid-19, karena yang dibawa dari tempat lain harus tetap ditelusuri untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Langkah-langkah efektif percepatan penanggulangan wabah Covid-19 harus dilakukan pemerintah dalam menghadapi perubahan tatanan kehidupan baru atau new normal. Pemerintah diminta tetap dalam koridor mengatasi risiko yang disebabkan virus corona.

Baca Juga:  Resmi Dikukuhkan, Begini Langkah Pengurus Cabang Esport Purwakarta

Selain itu, tambah Dedi, Pemerintah harus fokus pada penanganan orang terkonfirmasi positif Covid-19 beserta keluarganya. Termasuk tempat isolasi dan perawatan yang terpusat harus benar-benar disiapkan pemerintah. Pun demikian dengan segala bantuan yang diperuntukan bagi keluarga korban harus benar-benar diperhatikan.

“Tracing menjadi penting karena kebanyakan Covid-19 ini menular dekat. Tapi harus disiapkan tempat isolasi dan perawatan secara maksimal yang terpusat untuk warga yang terkonfirmasi positif tersebut. Jangan dilupakan juga jaminan hidup bagi keluarga korban,” kata mantan Bupati Purwakarta itu.

Baca Juga:  Forum Pesantren Nilai Gubernur Jabar Abaikan Janjinya

Dengan melakukan contact tracing, jelasnya, maka kasus positif yang menjadi sumber penyebaran bisa ditemukan dan akan segera diisolasi. Sebab, jika sumber penularan tidak ditemukan, sumber tersebut bisa menyebarkan Covid-19 ke masyarakat sekitar.

“Saat ini kabupaten Purwakarta telah menyiapkan rumah isolasi mandiri untuk warga yang terkonfirmasi positif. Ada dua tempat, pertama Kantor Eks Puskesmas Maracang di Babakan Cikao dan akan segera disiapkan di Bale Titirah di Jalan Veteran, atau tepatnya di depan Perum Usman Singawinata,” ungkapnya. (Zal)