Penerapan New Normal Di Jabar, Ini Kata Gugus Tugas Covid-19

JABARNEWS | BANDUNG – Provinsi Jawa Barat siap melaksanakan New Normal dalam situasi wabah virus corona saat ini. Sebab, Jabar sudah memetakan level kewaspadaan. Hingga saat ini, ada 5 daerah pada level biru, 19 level kuning, 3 daerah masuk zona merah.

“Dengan level kewaspadaan tersebut bisa diterapkan lebih spesifik lagi di level desa atau kelurahan. Ini akan lebih memudahkan masyarakat dan aparat dalam penanggulangan Covid-19 di daerahnya,” ungkap Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat, Daud Achmad saat jumpa pers di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (26/5/2020).

Baca Juga:  Keren, PAD PBB Kabupaten Bandung Lampaui Tahun-tahun Sebelumnya

Ia mengatakan, dalam situasi new normal, kegiatan dan aktivitas ekonomi akan berjalan seperti biasa. Pasar dan mal akan buka, tapi dengan menerapkan protokol kesehatan. Yakni, jaga jarak, menggunakan masker, dan cuci tangan pakai sabun.

Baca Juga:  AHY dan Ibas Hadiri Open House Presiden Joko Widodo

“Pada intinya new normal ini adalah kehidupan normal tapi tetap dalam suasana baru. Yakni, melaksanakan protokol kesehatan,” katanya.

Dalam situasi new normal tersebut, katanya Pemprov Jabar akan fokus pada pemulihan ekonomi, penanganan kesehatan, dan utamanya keselamatan nyawa. Seperti dengan melakukan tes Covid-19 secara masif.

Baca Juga:  Pj. Bupati Purwakarta: Masyarakat Tak Perlu Takut Hadapi Terorisme

“Karena dengan tes tersebut akan diketahui peta dan titik penyebaran Covid-19 yang akurat. Sehingga kita bisa memutus ratai penyebarannya,” kata Daud.

Sebagai penutup Daud menambahkan, dalam kondisi new normal ini Pemprov Jabar akan selalu seiring dengan kebijakan pusat dan akan melaksakan aturan yang diperintahkan pusat. (Red)