Anda Golongan Darah O? Hindari Konsumsi Buah-buahan Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Setiap orang tentu mempunyai makanan favorit atau makanan kesukaan, terlepas dari apa pun jenis golongan darahnya. Namun tahu kah kamu jika setiap golongan darah yang dimiliki semua orang ternyata mempunyai aturan lho.

Sebagian orang dengan golongan darah tertentu memiliki risiko gangguan kesehatan seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, asam lambung, gangguan pencernaan dan gangguan peradangan jika tidak mengatur pola makan yang tepat.

Masing-masing golongan darah memiliki beberapa pantangan makanan. Untuk alasan kesehatan, makanan tersebut sebaiknya tidak dikonsumsi. Sebab, beberapa makanan dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Begitu pula dengan orang yang memiliki golongan darah O.

Baca Juga:  Dandim Beri Pekerjaan Untuk Si Pencuri Janur, Ini Alasannya

Melansir Buku Diet Sehat Golongan Darah O (2015) oleh Wied Harry Apriadji, bagi golongan darah O, buah tidak semata-mata merupakan sumber serat, vitamin dan mineral, tetapi bisa menjadi pilihan makanan mengenyangkan yang lebih sehat untuk menggantikan makanan pokok, seperti pasta, roti, maupun nasi.

Apabila pemilik golongan darah O memilih menyantap buah daripada selembar roti, sepiring pasta atau nasi, maka sistem pencernaan mereka akan dapat bekerja lebih baik.

Tak hanya itu, pada saat bersamaan, kelebihan berat badan pada pemilik golongan darah O itu pun bisa berkurang atau menyusut.

Meski demikian, ada saja jenis buah-buahan yang dianggap tidak cocok bagi pemilik golongan darah O. Hal itu merujuk pada sifat sistem pencernaan golongan darah O yang sangat asam.

Baca Juga:  Motor Kalian Goyang Saat Kecepatan Rendah? Awas, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Di mana, para pemilik golongan darah O tak dianjurkan mengonsumsi buah-buahan yang juga mengandung asam untuk mengurangi risiko gangguan lambung dan iritasi dinding lambung.

Berikut ini beberapa contoh buah-buahan yang patut dihindari pemilik golongan darah O karena kandungan asamnya kurang bersahabat: Jeruk orange, Jeruk keprok, Jeruk Pontianak, Jeruk medan, Jeruk garut, Stroberi.

Para pemilik golongan darah O ini melainkan disarankan untuk lebih memilih buah-buahan pembentuk basa guna menghindari masalah kesehatan tersebut.

Buah plum, prune (plum kering), dan buah ara (fig) dianggap sebagai buah yang sangat bermanfaat bagi pemilik golongan darah O.

Baca Juga:  Yayah Warga Purwakarta Puluhan Tahun Tinggal di Gubuk Tak Layak Huni

Warna merah gelap, biru, dan ungu gelap pada buah itu mengisyaratkan bahwa buah dapat memberikan reaksi basa di dalam sistem pencernaan.

Buah-buahan beri juga bagus bagi kesehatan pemilik golongan darah O, seperti ciplukan atau gooseberry. Namun, blackberry sebaiknya dihindari karena mengandung lektin yang dapat mengganggu sistem pencernaan golongan darah O.

Anda pun disarankan menyantap buah 3-4 kali per hari. Pada masing-masing kesempatan, Anda sebaiknya makan 1 buah atau 85-100 gram. Akan lebih baik dan sehat, Anda rutin sekaligus mengonsumsi jus buah atau sayuran 2-3 kali per hari, masing-masing 1-2 gelas atau 250-500 ml. (Red)