Larangan Mudik Sukses Bikin Ruas Tol Cipularang Sepi

Menurut BPTJ penurunan trafik lalu lintas hingga 80 persen

Kendaraan melintas di Jalan Tol Purbaleunyi KM 110 di Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (27/5/2020). (Foto: Antara)

JABARNEWS | BANDUNG - Kebijakan larangan mudik berdampak langsung pada volume lalu lintas kendaraan di jalan tol. Badan Pengatur Jalan Tol (BPTJ) Kementerian PUPR mencatat trafik lalu lintas jalan tol turun hingga 80 persen akibat adanya larangan mudik pada lebaran 2020.

Terdapat 14 ruas jalan tol yang tersebar di Provinsi DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat menerapkan PSBB dengan prinsip utama untuk membatasi pergerakan dan membatasi interaksi orang.

Baca Juga:

Kecelakaan Tunggal, Bus Bima Suci Masuk Jurang Di Tol Cipularang

Kecelakaan Tunggal, Bus Bima Suci Masuk Jurang Di Tol Cipularang KM 70+400



Larangan mudik di masa pandemi Covid-19 rupanya cukup manjur menekan pergerakan warga yang biasa memakai Tol Cipularang. Lintasan menuju dan dari arah Bandung ke Barat pada hari ketiga Idulfitri, Rabu (27/5/2020) terpantau sepi lalu lalang kendaraan. Berbeda jauh dengan kondisi hari kedua lebaran tahun lalu yang ramai bahkan padat.

Salah satu potret berhasilnya larangan mudik terlihat di sejumlah rest area di Tol Cipularang yang sepi. Pantauan di rest area KM 97, dan KM88 tempat istirahat menyisakan parkir yang kosong. Sejumlah gerai tutup dan hanya menyisakan layanan drive thru untuk makanan cepat saji dan minimarket.

“Sepi sejak larangan mudik, biasanya padat tapi sekarang hampir 80 persen tidak banyak kendaraan yang masuk,” kata salah seorang petugas keamanan rest area.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Tol Cipularang Larangan Mudik PSBB Jabar PSBB Proporsional Pandemi Corona Covid-19 Kementerian PUPR Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Bus Pariwisata Tabrak Truk di Cipularang, 12 Orang Luka-Luka

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi