Google Hapus Jutaan Ulasan TikTok di Play Store, Kenapa?

JABARNEWS | BANDUNG – Jutaan ulasan aplikasi Tiktok di Play Store diketahui telah dihapus oleh Google, jumlah ulasan TikTok turun dari semula sebanyak 28 juta menjadi 27 juta.

Penghapusan ulasan itu diketahui membuat rating TikTok di Play Store meningkat, dari semula 1,2 menjadi 1,6. Sedangkan di App Store, rating aplikasi tersebut masih 4,8.

Melansir The Quint, penurunan rating TikTok di Play Store diduga terkait dengan perselisihan antara bintang TikTok dan influencer YouTube. Akibat hal itu, peringkat aplikasi telah turun dari 4,9 di Play Store awal tahun ini menjadi 1,2 dan naik menjadi 1,6 setelah intervensi Google.

Baca Juga:  Blak-blakan! Maruarar Sirait Beberkan Alasan Mundur dari PDI Perjuangan, Ternyata Karena Ini

Aplikasi berbagi video singkat itu saat ini memiliki lebih dari 1,5 miliar unduhan dan lebih dari 800 juta pengguna aktif.

Penghapusan ulasan pertama kali diketahui dari unggahan pengguna Twitter bernama Norbert Elekes. Dia menyampaikan bahwa Google menghapus lebih dari satu juta ulasan pada daftar aplikasi TikTok yang kemudian menghasilkan lompatan rating dari 1,2 menjadi 1,6.

Baca Juga:  Beredar Kabar PNS Gedung Sate Positif Corona, Ratusan Pegawai Jalani Swab Test

Melansir India Today, Google telah menghapus sekitar lima juta ulasan pengguna sejak minggu lalu. Sebab, jumlah ulasan TikTok saat ini hanya sebanyak 22 juta dengan rating 1,5.

Baca Juga:  Pingsan Saat Makan, Pekerja Bongkar Muat di Pelabuhan Belawan Tenggelam

Hingga kini, Google tidak memberikan alasan resmi terkait tindakannya menghapus ulasan yang berdampak pada kenaikan rating TikTok di Play Store. Kuat dugaan, tindakan itu dalam rangka untuk meningkatkan rating aplikasi tersebut.

Eetika peringkat TikTok berada pada titik terendah sepanjang masa, Elekes yang mengabarkan terjadi penghapusan ulasan menulis, “India akan menghancurkan dua hal viral: – Coronavirus, – TikTok”. (Red)