Tanggul Jebol, Banjir Rendam Rumah Warga di Tarogog Kidul

JABARNEWS | GARUT – Beberapa rumah di Komplek Perum Villa Lembah Asri, Desa Mekargalih, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat terendam banjir. Diketahui, banjir disebabkan oleh tanggul sungai yang jebol karena curah hujan yang tinggi.

Tanggul pembatas antara area pesawahan dengan kawasan perumahan jebol pada Rabu (27/5/2020) sore. Akibatnya, jalan dan beberapa rumah di komplek tersebut terendam banjir.

Baca Juga:  Berikut Ini Nomor Urut Tiga Paslon Pilkada Kabupaten Bandung

Salah satu warga Perum Villa Lembah Asri, Blok C-17 Dede Halim mengatakan terjangan air membuat ruas jalan dan beberapa rumah terendam setinggi 20 centimeter. Kondisi air hasil limpahan selokan yang ada di belakang Villa Lembah Asri.

“Air tiba-tiba menerjang perumahan kami sore tadi,” kata Dede Halim, Rabu (27/5/2020).

Baca Juga:  Debt Collector Beraksi di Purwakarta, Begini Modus dan Ketentuan dalam Penarikan Motor

Dede menduga, tembok pembatas itu tidak kuat menahan aliran air. Sebab, kondisi hujan tidak berhenti sejak Rabu siang.

“Semua air yang ada di selokan, dan sekitarnya bertumpu di selokan belakang komplek. Kalau hujan tidak berhenti sudah pasti volume air di selokan itu penuh. Ditambah ketebalan tembok sangat tipis,” ujarnya.

Baca Juga:  Berduka Atas Dua Guru Papua Gugur Dibunuh KKB, Nadiem Makarim Sampaikan Hal ini

Warga yang tinggal di Perumahan Villa Lembah Asri pun khawatir dengan ancaman banjir susulan. Sebab, kondisi cuaca masih diselimuti mendung.

“Warga khawatir takut banjir susulan bakal terjadi, karena cuaca sepertinya mau hujan lagi. Semoga airnya swgera surut. Sehingga tanggul langsung dapat ditutup,” pungkas Dede. (Red)