Jangan Sembarangan Makan Pisang, Jika Tak Mau Alami Gangguan Kesehatan Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Pisang menjadi salah satu buah yang banyak mengandung manfaat kesehatan. Sebab, kandungan karbohidrat dan serat yang melimpah dalam pisang membuatnya sangat efisien sebagai penguat energi instan.

Selain itu, pisang juga memiliki sifat terapeutik yang terkait dengan sejumlah masalah kesehatan. Meski begitu ada anggapan yang menyatakan, waktu mengonsumsi pisang tidak boleh dilakukan secara sembarangan

Tapi, ternyata mengkonsumsi pisang juga tidak boleh sembarangan lho. Selain itu, pisang juga memiliki manfaat lain yang bisa membuat tidur jadi lebih baik. Mengutip Times of India, berikut beberapa fakta dari buah pisang yang perlu kamu ketahui.

Baca Juga:  Sutradara KKN di Desa Penari Awi Suryadi Ngamuk: Gak Usah Rekam-rekam!

1. Menambah energi

Mengkonsumsi buah pisang yang baru matang bisa memberikan manfaat pati resisten atau kandungan gula untuk tubuh. selain itu, karena teksturnya yang mudah dicerna bisa lebih cepat menambah energi instan untuk tubuh, yang dibutuhkan sebelum dan sesudah berolahraga.

2. Bisa mengatur waktu tidur

Pisang juga mengandung tryptophan, yaitu asam amino esensial yang tidak bisa diproduksi tubuh. Tryptophan ini bisa membantu tubuh memproduksi serotonin-neurotransmitter yang bisa membantu mengatur tidur.

Selain itu, senyawa tryptophan merupakan anti-depresi alami dan bisa mengobati kecemasan serta insomnia. Sebuah studi di tahun 2012 dalam Journal of Pineal Research menemukan bahwa mengkonsumsi pisang juga bisa meningkatkan hormon melatonin, yang bisa mengendalikan siklus tidur.

Baca Juga:  Lembaga Masyarakat Adat Baduy Surati Presiden Joko Widodo, Ini Isinya

3. Tidak boleh dikonsumsi saat perut kosong

Buah pisang adalah sumber dari potasium, serat, dan magnesium yang baik untuk tubuh manusia. Tetapi, ada berbagai alasan yang membuat pisang tidak boleh dikonsumsi saat perut kosong.

Tingginya kadar gula pada buah pisang bisa memberikan tubuh energi yang instan, tapi ini juga membuat kamu lebih cepat lemas. Selain itu, pisang juga bersifat asam, jika dikonsumsi saat perut kosong bisa menimbulkan masalah usus atau di sistem pencernaan.

Baca Juga:  PPKM Level 4 Diperpanjang, Bupati Purwakarta: Harus Kita Terapkan Sesuai Keputusan Pusat

4. Harus dicampur saat akan dikonsumsi

Agar aman saat mengkonsumsi pisang, disarankan untuk mencampurnya dengan makanan lain. Ini akan mengurangi efek berbahaya dan memaksimalkan nutrisi yang ada di dalam pisang, misalnya dicampur dengan smoothie.

Melihat fakta ini, konsumsilah pisang dengan jumlah yang tidak berlebihan. Kita bisa memvariasikannya dengan buah-buahan lain jika memang ingin menjadikan buah sebagai camilan. Dengan melakukannya, maka kita pun akan tetap mendapatkan manfaat kesehatan dari buah pisang. (Red)