Sholat Jumat Pernah Ditiadakan Di Zaman Rasulullah

JABARNEWS | JAKARTA – Imam Besar Masjid Istiqlal, Nazaruddin Umar, menjelaskan tidak dilaksanakannnya Sholat Jumat tidak hanya terjadi saat ini akibat virus corona. Rasulullah Muhammad SAW pernah meniadakan Sholat Jumat akibat hujan deras dan banjir.

“Kata Rasulullah, jangankan flu (Covid-19) sebesar ini, hujan besar saja Rasul menganjurkan untuk sholat di rumah,” ujar Nazaruddin, di Jakarta, Jumat (20/3/2020).

Nazaruddin meminta umat Islam untuk mematuhi imbauan Presiden Joko Widodo, Gubernur DKI Jakarta, dan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk ibadah di rumah selama dua pekan ini.

Dia mengaku segera melakukan pendalaman begitu mendapat imbauan dan mengetahui fatwa tersebut. Nazaruddin akhirnya menyatakan imbauan tersebut baik bagi umat di tengah ancaman wabah virus corona.

Selanjutnya, Nazaruddin mengatakan Umat Islam tetap bisa melaksanakan ibadah dan mengganti Sholat Jumat dengan Sholat Zuhur. Dia pun mengimbau umat untuk bisa memperbanyak ibadah selama di rumah.

“Ini sangat penting dan buat para lelaki yang tak Sholat Jumat hari ini untuk beribadah di rumah, memperpanjnag ibadahnya seperti mengaji, wirid, dan berdoa,” kata Nazaruddin. (Red)