Ini Lho Bocoran The New Normal di Bandara Kualanamu

JABARNEWS | DELI SERDANG – Bandar Udara Internasional Kualanamu Deli Serdang akan menyiapkan protokol penanganan Covid-19 secara maksimal jelang penerapan konsep new normal.

Manajeman Kantor Cabang PT Angkasa Pura II (Persero) menjelaskan telah menyusun skema pelayanan di sektor transportasi bandara KNIA, sekaligus menunggu arahan dari Kementerian Perhubungan terkait tata laksananya.

“PT Angkasa Pura II telah menerima surat dari Menteri BUMN untuk menyiapkan protokol penanganan Covid-19 guna mengantisipasi skenario The New Normal di tengah pandemi global COVID-19,” kata humas bandara KNIA, Paulina Simbolon, Jumat (29/5/2020).

Baca Juga:  Peternakan Ayam Petelur di Cianjur Terancam Sanksi Pidana

Ia menjelaskan, perseroan telah menetapkan Task Force Penanganan Covid-19, dan segera merumuskan Protokol penanganan Covid-19 terkait tiga aktivitas kebandarudaraan yaitu Operasional, Pelayanan dan Komersial, selain tentunya juga mengenai proses.

“Sesuai arahan Menteri BUMN, setiap BUMN termasuk PT Angkasa Pura II saat ini sudah diminta mempersiapkan protokol guna mengantisipasi The New Normal di tengah Covid-19 sejalan dengan bidang usaha masing-masing,” katanya.

Baca Juga:  Menag Yaqut Kebut Persiapan Ibadah Haji, Cek Jumlah Kuotanya Disini

Dikatakannya, protokol The New Normal di lingkungan kebandaraan akan lebih mengedepankan layanan dengan teknologi informasi dan tetap memperhatikan physical distancing.

“Para personel PT Angkasa Pura II di bandara akan dilengkapi seragam khusus atau APD, kemudian sistem biometrik bisa saja digunakan kaitannya dengan pelayanan, keselamatan dan keamanan penerbangan,” jelasnya.

Baca Juga:  eLKAP: Kunker Anggota DPRD Purwakarta Ke Bali Tidak Adil Untuk Rakyat

Terkait prosedur new normal nanti, akan meliputi penerapan protokol kesehatan pada seluruh fasilitas bandara, tenant, kru bandara dan maskapai, layanan kargo. Termasuk juga pengaturan waktu dan jadwal penerbangan, hingga pengaturan kedatangan dan keberangkatan.

“Protokol kesehatan yang sudah dijalankan Kertajati seperti pengenaan masker, kewajiban cuci tangan, pengukuran suhu tubuh, social distancing dan penyemprotan seluruh fasilitas bandara oleh disinfektan secara rutin akan terus diterapkan,” ujarnya. (ptr)