Ini Langkah Efektif Cegah Covid-19 Usai Bepergian Menurut BPOM

JABARNEWS | BANDUNG – Masyarakat di Tanah Air mulai beradaptasi dengan new normal. Mereka mulai melakukan aktivitas seperti sedia kala namun tetap memperhatikan berbagai tindakan preventif.

Ini termasuk ke kantor dengan menggunakan masker serta menghindari menyentuh alat-alat di dalam kendaraan umum. Namun, pencegahan tidak hanya dilakukan di luar rumah saja melainkan berbagai antisipasi juga harus dikerjakan di dalam rumah.

Buat yang baru bepergian di luar dan pulang ke rumah, setidaknya ada enam langkah yang harus dilakukan seperti imbauan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melalui buku pedoman Serba Covid: Cegah Covid-19 Sehat untuk Semua, dilansir dari laman Tempo.co.

Baca Juga:  Lagi... Berkas Penista Agama di Bogor Dikembalikan Ke Polisi

Buka alas kaki – Sebelum masuk ke dalam rumah, pastikan selalu melepas alas kaki sebab sepatu atau sandal yang telah digunakan bisa menginjak banyak kuman dan bakteri. Adapun, menggunakannya di dalam rumah bisa ikut membawa penyakit secara tidak langsung kepada keluarga.

Semprot disinfektan – Menyemprot disinfektan penting untuk dilakukan usai bepergian. Ini terutama dilakukan pada barang yang dipakai, seperti pakaian, ponsel, alas kaki, laptop, dan sebagainya. Disinfektan memang ampuh membunuh virus dan bakteri, termasuk virus corona.

Baca Juga:  Surya Paloh Tegaskan Nasdem Siap Diperiksa Terkait Kasus Korupsi Johnny G Plate

Buang sampah yang tidak terpakai – Buang semua yang dipegang dan yang tidak dibutuhkan lagi usai bepergian. Misalnya, kwitansi, kertas, dan sebagainya sebab barang-barang tersebut bisa menjadi media pembawa virus dan bakteri, terlebih jika disentuh oleh banyak orang.

Cuci tangan – Setelah melepas alas kaki, menyemprot disinfektan dan membuang sampah tak terpakai, segeralah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik. Keduanya dipercaya ampuh memecah protein dan membelah sel penyebab penyakit.

Baca Juga:  Awas! Covid-19 Varian Omicron Bisa Buat Anda Lemah di Ranjang, Ini Gejalanya

Cuci pakaian – Lepaskan pakaian yang sudah dipakai di luar rumah dan masukkan ke dalam tempat cucian yang tertutup. Cuci dengan sabun dan jemur di bawah matahari agar bersih secara menyeluruh dan siap digunakan kembali.

Mandi – Langkah terakhir adalah mandi. Jangan lupa untuk menggosok semua bagian tubuh termasuk rambut karena selama berada di luar rumah, kita bisa dikelilingi oleh mikroorganisme jahat yang dapat membahayakan kesehatan. (Red)