Manfaatkan Lahan Nganggur, Kelompok Tani Ini Berhasil Panen Semangka

JABARNEWS | SERDANG BEDAGAI – Siapa bilang lahan tidak terpakai tidak bernilai produktif? Buktinya sekelompok tani Seiya Sekata di Desa Kerapuh, Kecamatan Dolok Masihul, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara sukses menyulap lahan tak terpakai 2 hektar menjadi tempat panen semangka.

Wakil Bupati Kabupaten Serdang Bedagai, Darma Wijaya meminta agar lahan tidak terpakai agar dimanfaatkan menjadi lahan sumber penghasilan yang menguntungkan.

“Luar biasa Gapoktan Seiya Sekata telah berhasil dalam bercocok tanam semangka dengan memanfaatkan lahan yang nganggur dengan hasil yang sangat memuaskan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat,” jelasnya. Jumat (29/5/2020)

Baca Juga:  Empat Pejabat BPN Ditangkap Polisi Karena Jadi Mafia Tanah

Wabup berharap, Dinas Pertanian dan para penyuluh pertanian untuk lebih meningkatkan dalam memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang bagaimana cara memanfaatkan lahan tak terpakai usai panen menjadi lahan yang menguntungkan bagi masyarakat di Kabupaten Sergai.

Baca Juga:  Begini Pengakuan Oded Soal Larangan Isolasi Mandiri Pasien Covid-19 di Rumah

“Manfaatkan lahan yang kosong untuk segera bercocok tanam seperti tanaman jagung, semangka, cabai serta tanaman lainnya yang memiliki waktu tanam singkat,” pungkasnya.

Wabup menambahkan, jika masyarakat mampu memanfaatkan lahan kosong untuk hal produktif dengan baik menjadi peluang menambah penghasilan. Ia berharap kisah sukses petani Kampung Tengah ini dapat menginspirasi masyarakat daerah lain untuk tidak pesimis dalam memanfaatkan lahan sekitar yang dianggap tak produktif.

Baca Juga:  Innalillahi... Dorce Gamalama Dikabarkan Meninggal Dunia

Ditempat terpisah, Kadis Pertanian Radianto mengatakan, sebanyak 2 hektar lahan pertanian semangka yang saat ini dikelola dengan tiga varian yaitu semangka non biji, semangka inden F1, semangka maduri dan semua jenis semangka tersebut bersumber dari bibit hasil perusahaan mitra kerja.

“Diharapkan Wabup Serdang Bedagai terus mendukung kami dalam menjalankan program pertanian ini, sehingga menghasilkan panen yang sangat memuaskan,” bilangnya. (ptr)