aqua

Mendagri Terbitkan Pedoman Kenormalan Baru untuk Pemda, Simak Isinya

Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 440-830 Tahun 2020.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. (Foto: Net)

JABARNEWS | JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menerbitkan sejumlah pedoman bagi pemerintah daerah dan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Kemendagri dalam rangka menerapkan tatanan kenormalan baru di tengah pandemi corona. Pedoman tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 440-830 Tahun 2020

Berdasarkan salinan yang dikutip dari laman Tempo.co, pedoman ini berisi tahapan dan langkah teknis yang harus dilakukan dalam proses pengurangan, pembatasan, dan pemulihan ekonomi bagi pemerintah daerah meliputi empat hal.

Baca Juga:

Kasus Novel Menjadi Salah Satu PR Buat Kapolri Terpilih

Profile Tito Karnavian, Sang Jenderal Berprestasi



Pertama, pemetaan kondisi penyebaran infeksi Covid-19 dan penetapan kondisi pandemik suatu daerah. Kedua, kesiapsiagaan pemerintah daerah dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19. Ketiga, penyiapan masyarakat dan dunia usaha dalam mencegah dan mengendalikan Covid-19. Keempat, protokol.

"Pedoman ini diharapkan akan menjadi acuan bagi seluruh ASN untuk menjadi agen percontohan dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat," bunyi salah satu bagian dalam Bab Pendahuluan Kemendagri itu seperti dikutip pada Jumat, 29 Mei 2020.

Untuk menentukan kondisi epidemiologi suatu daerah, misalnya, Kepmendagri ini memberikan sejumlah kriteria penilaian dan membagi daerah dalam tiga kategori, yakni hijau, kuning, dan merah. Status daerah nantinya diukur dari empat indikator, yaitu jumlah penderita positif, jumlah ODP/PDP, jumlah kematian yang dimakaman dengan prosedur Covid-19, dan penularan langsung ke petugas kesehatan selama 14 hari terakhir.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Keputusan Mendagri Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian Pedoman Kenormalan Baru Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Empat Polisi Terbakar di Cianjur Dapat Kenaikan Pangkat

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi