aqua

Pembukaan Destinasi Wisata saat New Normal, Ini Kata Wishnutama

Kesiapan daerah dan dukungan dari para pelaku industri dan ekonomi kreatif merupakan salah satu faktor utama dalam pelaksanaan protokol kenormalan baru ini.

Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud, salah satu destinasi wisata di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. (Foto: dok. Disporaparbud)

JABARNEWS | JAKARTA - Hingga pekan terakhir bulan Mei, belum ada satupun destinasi wisata di tanah air yang dinyatakan dibuka untuk umum. Pembukaan destinasi tersebut, sangat bergantung dengan situasi pandemi virus corona. Selain itu, destinasi wisata membutuhkan protokol kenormalan, agar virus corona tak mewabah kembali.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Barekraf) Wishnutama Kusubandio dalam keterangannya, Jumat (29/5/2020), persiapan protokol kenormalan baru pariwisata telah disusun.

Baca Juga:

Sungai Cidomas, Surga Wisata Alam Tersembunyi di Purwakarta

Hore! Kalimalang Akan Disulap Jadi Lebih Kekinian



Wishnutama mengatakan, penerapan protokol kenormalan ketika suatu daerah telah dinyatakan siap. Protokol ini akan melalui beberapa tahapan, mulai dari simulasi, lalu sosialisasi dan publikasi kepada publik, dan yang terakhir diuji coba. Pelaksanaan tahapan-tahapan ini harus diawasi dengan ketat dan disiplin serta mempertimbangkan kesiapan daerah.

Wishnutama Kusubandio menambahkan penerapan, dan pengawasan program Cleanliness, Health and Safety (CHS) sebagai tatanan kenormalan baru di destinasi wisata, juga harus dikoordinasikan dengan Gugus Tugas dan Kepala Daerah masing-masing wilayah. Kesiapan daerah dan dukungan dari para pelaku industri dan ekonomi kreatif merupakan salah satu faktor utama dalam pelaksanaan protokol kenormalan baru ini.

Ia mengatakan program CHS, yang telah disusun oleh Kemenparekraf/Baparekraf dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan industri pariwisata dan ekonomi kreatif serta kementerian/lembaga terkait, merupakan strategi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif agar masyarakat nantinya dapat tetap produktif dan aman Covid19.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Destinasi Wisata New Normal Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio Menteri Pariwisata Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Leuwi Tonjong, Surga Wisata Alam yang Mirip Grand Canyon

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi