Ini Tips Rumah Dingin Tanpa AC

JABARNEWS | BANDUNG – Udara panas dan pengap menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi saat bekerja dari rumah kala pandemi Covid-19. Tentunya dengan menyalakan pendingin ruangan atau AC, hal tersebut bisa diatasi dengan cepat.

Namun, sering menyalakan AC tentu akan membuat tagihan listrik membengkak. Untuk mengatasi masalah ini, situs Huffington Post dan Art of Manliness pun membagikan tips mudah agar rumah tetap nyaman dan dingin tanpa membayar mahal.

Tutup jendela dengan tirai – Berdasarkan artikel dalam majalah dekorasi rumah Family Handyman, 30 persen panas yang tidak diinginkan datang dari jendela. Menambah tirai bisa menghemat tagihan listrik hingga 7 persen dan menurunkan suhu ruangan hingga 20 derajat. Sekarang, segera pasang tirai di rumah untuk mendapatkan manfaat secara maksimal.

Baca Juga:  Rekaman Data Penerbangan Pesawat Lion Air JT 610 Berhasil Diunduh

Mengganti sprei kamar – Jika Anda merasakan panas selama berada di dalam kamar, salah satu pemicunya bisa jadi penggunaan sprei yang salah sebab kain flanel dan selimut berbulu memang tak memiliki pori-pori sehingga dapat mempertahankan panas di dalam kamar. Sedangkan pilihan yang baik adalah mengganti sprei dengan bahan kapas karena terbukti bekerja sebaliknya.

Baca Juga:  Kapolri Tawarkan Anak Prajurit Awak Nanggala 402 Jadi Polisi

Tambahkan bantal di sofa – Buat yang memiliki sofa atau kursi di ruang tamu, ada baiknya menambah bantal agar udara lebih dingin sebab pada bantal, terdapat ruang alami yang bisa menahan panas tubuh, khususnya setelah beraktivitas di luar ruangan. Kemampuannya pun tidak berkurang karena ditutupi sarung bantal.

Baca Juga:  Soal Gaji Pemain, Persib Masih Nantikan Ini Dari PSSI

Fokus pada suhu tubuh, bukan rumah – Apabila telah melakukan segala cara dari rumah agar udara panas hilang, kini saatnya berfokus pada diri sendiri. Berbagai hal bisa dilakukan agar temperatur badan dingin sehingga tidak merasa panas di rumah. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan contohnya adalah mengganti pakaian dengan bahan lebih ringan seperti katun Jepang. Anda juga bisa mengelap tubuh dengan es batu atau air dingin agar suhu tubuh tetap terjaga. (Red)