Ini Info Soal Penggunaan Dana BOS Di Masa Pandemi Covid-19

Kepala sekolah bisa menyusun rencana kerja yang berorientasi pada belanja kebutuhan prioritas sekolah untuk program Merdeka Belajar.

Ilustrasi- Dana BOS. (Foto: Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Perwakilan dari Sekretariat Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas, dan Dikmen Kemendikbud, Katman mengatakan bahwa sekolah tidak dibatasi penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS)nya. Hal ini disampaikan dalam webinar Kebijakan DAK NonFisik TA 2020 dan Rancangan Kebijakan 2021 pada Jumat, (29/5/2020).

"Penggunaan dana BOS tidak ada batasan dari sisi persentase penggunaan dananya. Sebelumnya buku dibatasi 20%, (sekarang) buku boleh beli berapapun juga. Sekolah tidak dibatasi penggunaan dana BOSnya, tidak ada pembatasan persentase, dibuka lebar," jelas Katman.

Baca Juga:

Mendikbud Ubah BOS untuk Bantu Sekolah Swasta, Ini Kata DPR

Ini Info Penting Dari Mendikbud untuk Kepala Sekolah dan Guru



Untuk honor guru, dari semula maksimal 50% dari total dana BOS yang diterima dan harus memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK), saat ini, di masa pandemi COVID-19 juga dapat diberikan lebih dari 50%.

"Terkait pemanfaatan COVID, selain SE-4.Mendikbud/2020 juga ada relaksasi sesuai Permendikbud 19/2020 yakni untuk pembelian seperti disinfektan alat cuci tangan dan sebagainya, mestinya di RKASnya (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) rekening belanja masuk Biaya Operasional dan sebagainya ada di situ. Untuk honor guru yang semula harus NUPTK kemudian maksimal 50% dari total dana BOS yang diterima, ini (sekarang) dibuka seluas-luasnya," paparnya.

Namun, Katman menegaskan agar kepala sekolah bisa menyusun rencana kerja yang berorientasi pada belanja kebutuhan prioritas sekolah untuk program Merdeka Belajar.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Penggunaan Dana BOS Bantuan Operasional Sekolah Merdeka Belajar Kebijakan DAK NonFisik BOS Tahun 2020 Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Kabar Baik untuk Guru Honorer Di Tengah Pandemi Covid-19

Lima Puluh Persen Dana BOS Untuk Gaji Guru Honorer Ada Syaratnya

Kabar Baik Buat Guru Honorer, Upahnya Naik Berasal Dari BOS

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi