Ini Kabar Gembira dari Arab Saudi

JABARNEWS | BANDUNG – Arab Saudi mulai besok, 31 Mei 2020 membuka kembali masjid Nabawi di Madinah bagi para peziarah atau jamaah sebagai bagian dari pelonggaran lokcdown wabah virus corona sejak Maret lalu.

Menteri Urusan Islam Arab Saudi Abdullatif bin Abdulaziz Al-Sheikh mengatakan kemarin, kesiapan masjid Nabawi untuk menyambut para jamaah setelah dia merampungkan kunjungan lapangan untuk memeriksa persiapan yang diperlukan.

“Selama inspeksi kami, kami menemukan masjid-masjid kami telah menyelesaikan persiapan dan berada dalam kondisi terbaik,” kata Abdullatif sebagaimana dilaporkan Arab News, (30/5/2020).

Baca Juga:  Mendikbud Usul Sekolah Berasrama Dibuka Lagi, Ini Kata Menag

Hingga hari ini, Arab Saudi masih memberlakukan larangan ketat untuk Mekkah. Sementara semua aktivitas bisnis dan penerbangan domestik telah kembali beroperasi setelah wabah virus corona mengalami penurunan.

Berikut detail aturan salat berjemaah di masjid Arab Saudi:

Physical distancing – Setiap orang yang salat berjemaah di masjid harus menjaga jarak dua meter dan membuat satu baris atau ruang kosong di antara setiap deretan. Menjaga kebersihan – Jemaah salat harus memakai masker, membawa sajadah sendiri, dan berwudu dari rumah.

Baca Juga:  Wah! Prabowo Paling Diminati Pemilih Gen Z dan Millenial, Bagaimana dengan Anies dan Ganjar?

Pintu dan jendela dibuka – Pengurus masjid wajib memastikan setiap pintu dan jendela masjid terbuka di siang hari sehingga sirkulasi udara lancar dan cahaya matahari bisa masuk. Dilarang berkerumun – Pengurus masjid harus memastikan jemaah menghindari kerumunan saat masuk dan keluar masjid.

Anak-anak dilarang masuk – Anak-anak di bawah umur 15 tahun dilarang masuk masjid. Fasilitas masjid ditutup – Toilet dan tempat wudu masjid ditutup. Kajian online – Surat edaran itu juga mengatur program pendidikan atau kajian agama yang selama ini berlangsung di masjid dialihkan secara daring

Baca Juga:  Gila, Terdakwa Korupsi Surya Darmadi Rugikan Negara Hingga Rp73 Triliun Lebih

Waktu buka tutup masjid – Masjid dibuka 15 menit sebelum salat dan tutup 10 menit setelah selesai. Khusus bagi masjid dengan jumlah jemaah yang banyak dapat buka 20 menit sebelum salat dan 20 menit setelah salat. Durasi khotbah – Khotbah tidak boleh lebih dari 15 menit. (Red)