Ini yang Dilakukan BLBI Abiyoso kepada Penyandang Disabilitas Terdampak Covid-19

JABARNEWS | CIMAHI – Balai Literasi Braille Indonesia (BLBI) Abiyoso yang merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Sosial RI menyalurkan bantuan sosial bagi masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

Penyaluran bantuan sosial ini merupakan tindak lanjut dari arahan Menteri Sosial RI, Juliari P Batubara terkait penanganan segera terhadap masyarakat rentan ataupun marjinal yang terdampak pandemi Covid-19.

Kepala Balai Literasi Braille Indonesia (BLBI) Abiyoso Cimahi, Isep Sepriyan mengatakan bantuan sosial disalurkan dalam bentuk sembako dengan total 700 paket senilai Rp.300.000 per paket yang akan didistribusikan dalam beberapa tahap di wilayah Kota Cimahi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat hingga ke wilayah Jawa Barat bagian Timur.

Baca Juga:  Artis Yuki Kato Diperiksa Polisi Terkait Kasus Promosi Judi Online

“Sasaran penerima bantuan sosial adalah para penyandang disabilitas sensorik netra dan penyandang disabilitas lainnya serta keluarga yang terdampak pandemi Covid-19 yang belum menerima bantuan, baik dari pusat, provinsi maupun kota/kabupaten,” kata Isep dalam keterangan yang diterima Jabarnews.com, Sabtu (30/5/2020).

Hingga saat ini, lanjut dia, penyaluran sudah dilakukan dalam tiga tahap, yaitu tahap pertama pada 22 Mei, lalu tahap 2 pada 28 Mei dan dilanjutkan tahap tiga pada 29 Mei 2020. Terkait mekanisme, Isep menjelaskan, penyaluran sembako ini dilakukan dengan berbagai cara, yakni dibagikan dari rumah ke rumah, juga disalurkan melalui yayasan atau komunitas disabilitas.

“Penyaluran sembako ini dipastikan tepat sasaran dan diterima langsung oleh para penerima manfaat tersebut,” ujarnya.

Baca Juga:  Viral Ribuan Pencari Kerja di Purwakarta, Ada Kisah Cinta Sampai Cerita Lucu

Isep menerangkan, sejumlah komunitas disabilitas penerima bantuan ini di antaranya, Ikatan Tuna Netra Muslim Indonesia (ITMI) Jawa Barat wilayah Kota Cimahi, Persatuan Tuna Netra Indonesia (PERTUNI) DPD Kota Bandung, Yayasan Titian Bangsa Kota Cimahi, Forum Komunikasi Keluarga Anak Dengan Kecacatan (FKKADK) Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung, Ikatan Tunanetra Bandung (ITB), dan Yayasan Kumala Cileunyi di Kabupaten Bandung.

Selain itu, warga disekitar lingkungan BLBI Abiyoso yang rentan dan terdampak pandemi ini pun tak luput dari penyaluran bantuan sosial sembako.

Kegiatan ini, tambah Isep, dikoordinasikan dengan berbagai pihak terkait, yaitu Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, Dinas Sosial Kota Cimahi, Dinas Sosial Kota Bandung, para pengurus komunitas penyandang disabilitas, para pendamping penyandang disabilitas hingga ketua RT dan RW setempat.

Baca Juga:  Info Kepsek Diperiksa Tim Saber Pungli, Ini Tanggapan Humas SMPN 2 Bandung

Tak hanya itu, rangkaian kegiatan penyaluran bantuan sosial ini tentunya tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19.

Adapun, total paket sembako yang sudah disalurkan hingga saat ini sebanyak 273 paket sembako, dan hingga tota 745 paket sembako tersebut nantinya akan disalurkan ke Wilayah Jawa Barat bagian Timur.

Salah seorang penyandang disabilitas netra Aep Saepudin beserta rekan-rekan komunitasnya menyampaikan rasa syukur setelah menerima bantuan tersebut.

“Terimakasih kepada Kementerian Sosial yang telah menyalurkan bantuannya melalui BLBI Abiyoso,” ucap Aep. (Rnu)