Simak! Fitur Baru Google Ini Bisa Permudah Hitung Jarak Sosial

JABARNEWS | BANDUNG – Google telah merilis alat realitas tertambah (AR) untuk mempermudah menghitung jarak sosial yang bernama Sodar.

Dikutip dari The Verge, Minggu, (31/05/2020) untuk menggunakan alat itu tidak diperlukan aplikasi, namun alat tersebut tidak akan berfungsi pada perangkat iOS atau Android yang lama.

“Jika Anda memiliki perangkat Android, cukup buka browser Chrome dan buka goo.gle/sodar untuk mencoba alat baru bernama SODAR,” dikutip dari laman The Verge .

Baca Juga:  Lakukan Ini Bila Pakai Aplikasi Zoom Supaya Data Anda Aman

Ponsel Anda akan menggunakan AR untuk memetakan ruang di sekitar Anda dengan lapisan lingkaran yang memiliki radius dua meter pada tampilan kamera Anda.

Dari uji coba The Verge diketahui bahwa SODAR dapat digunakan di perangkat Samsung Galaxy S20. Menurut The Verge, SODAR tidak selalu persis menghitung jarak 2 meter, namun lebih sedikit dari itu, sekitar 1,8 meter.

Baca Juga:  [INFOGRAFIS] Cara Pencegahan Covid-19

Dilansir dari Antara. saat menjalankannya di iPhone 7 alat AR tersebut tidak kompatibel dengan perangkat. Namun, Sodar dapat berjalan di beberapa ponsel Android seri menengah, dengan terlebih dahulu memperbarui aplikasi Chrome, kemudian menginstal layanan Google Play untuk AR.

Baca Juga:  Sambut New Normal, Ini yang Dilakukan Sekolah di Ciamis

Alat AR tersebut mungkin tidak akan membuat perbedaan nyata dalam mengurangi jumlah infeksi COVID-19, namun cukup membantu untuk menjaga jarak sosial, sesuai anjuran otoritas kesehatan dalam upaya memutus rantai penyebaran COVID-19. (Red)