Viral! Pak RT Pasang Poster Zona Merah di Rumah Keluarga Nekat Mudik Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Beragam cara dilakukan untuk mencegah warganya mudik mulai imbauan pemerintah hingga ke tingkat RT RW. oleh seperti halnya RT satu ini yang menandai rumah si pemudik dengan selebaran unik di rumahnya.

Selebaran yang ditempel tersebut berisi pemberitahuan kepada warga sekitar di Perumahan Bukit Bunga, Desa Gandasari, Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat ini.

Pemasangan papan informasi atau plang di depan rumah warga yang nekad mudik pada saat lebaran kemarin menjadi perbincangan hangat di media sosial.

Baca Juga:  Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun, Pemprov Jabar Berduka

Diketahui, kejadian tersebut terjadi di RT 03/15 Perumahan Bukit Bunga Kopo, Gandasari, Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung. Di plang tersebut tertulis bahwa warga harus menghindari kontak langsung dengan pemilik rumah karena mereka telah mudik ke daerah zona merah.

Ketua RT 03/15 Parno mengatakan, ini berlaku pemudik yang memaksa pulang kampung. Dengan aturan yang ketat bisa memberikan shok terapi sehingga bisa menekan angka migrasi pemudik.

“Saya mohon maaf atas berita viral ini, di RT 03 ini kita pasang plang di depan rumah warga yang mudik. Pemasangan ini atas sepengetahuan warga bersangkutan. Kita sudah imbau untuk tidak mudik, ternyata sembunyi-sembunyi (mudik), kami terpaksa beri sanksi,” kata Parno, Minggu (31/5/2020).

Baca Juga:  Masalah Utang Seorang Nenek Dibunuh Lalu Dibakar Oleh Pemuda

Pemasangan plang tersebut atas sepengetahuan dan izin dari pemilik rumah. Sebelumnya pihaknya telah beberapa kali mengimbau warga tersebut untuk tidak mudik.

“Keluarga tersebut mudik ke Karawang selama 4 hari. Sebelum mereka kembali, saya sudah memberitahu tentang pemasangan plang tersebut. Pemasangan plang sendiri dimaksudkan agar warga sekitar mengetahui dan waspada,” jelasnya.

Baca Juga:  Pekerja Batubata Sergai Temukan Granat Diduga Peninggalan Zaman Belanda

Lebih lanjut ia mengatakan, keluarga tersebut saat ini tengah menjalani isolasi mandiri di rumah. Isolasi mandiri ini dipantau langsung Dinkes Kabupaten Bandung.

“Warga tersebut sedang isolasi mandiri dan dipantau terus Dinkes. Warga lain juga bantu dan selama ini tidak ada masalah,” kata Parno.

Diketahui, tulisan tersebut ditempel di depan halaman rumah warga yang nekat mudik dan akan viral di dunia maya. Postingan yang diunggah oleh akun @dewisutrisno_ ini langsung mendapatkan respon dari para pengguna internet yang melihatnya. (Red)