Inilah Waktu yang Tepat Pakai Masker Saat New Normal

WHO menyebut masker hanya efektif bila digunakan bersama dengan pembersih tangan yang mengandung alkohol atau sabun

Pekerja menggunakan masker jelang new normal. (Foto: Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Sejak virus corona semakin merebak di belahan dunia, termasuk di Indonesia. Salah satu anjuran protokol kesehatan yang tidak boleh terlewatkan dan tidak boleh diabaikan oleh masyarakat adalah menggunakan masker saat keluar rumah. Terlebih saat ini new normal disiapkan pemerintah agar masyarakat tetap bisa produktif dimasa pandemi.

Kini masker kain sudah menjadi kebutuhan sehari-hari ketika hendak beraktivitas di luar rumah. Terlebih saat ini kita akan memasuki era 'new normal' atau pola hidup baru dengan penerapan protokol kesehatan COVID-19.

Baca Juga:

Bocah Penderita Polio di Indramayu Butuh Bantuan Biaya Berobat

Ternyata Dengan Cara Ini Dinkes Tekan Angka Malnutrisi di Cirebon



Namun apakah aman menggunakan masker secara terus menerus saat beraktivitas seharian di luar rumah, termasuk saat berolahraga. Baru-baru ini viral di media sosial pesepeda kolaps dan meninggal dunia saat latihan. Dikatakan, almarhum mengalami rebreathing alias keracunan karbondioksida gara-gara bersepeda pakai masker. Namun, hal ini menjadi perdebatan sehingga membuat masyarakat perlu memperhatikan kapan waktu yang tepat untuk menggunakan masker.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah merekomendasikan kapan waktu yang tepat untuk mengenakannya. Dilansir dari situs resmi WHO, sebenarnya tidak setiap saat masyarakat harus mengenakan masker.

Setidaknya, menurut WHO masyarakat harus mengenakan masker pada dua waktu tertentu. Pertama, apabila dalam kondisi sehat, maka masyarakat hanya perlu mengenakan masker jika bertemu/merawat orang dengan COVID-19. Kedua, mengenakan masker dilakukan jika terkena batuk atau bersin.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Penggunaan Masker WHO Kapan Waktu Pakai Masker Pandemi Corona Covid-19 Rekomendasi Masker Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Korban Tewas Akibat Virus Corona Bertambah Jadi 52 Orang

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi