Info Penting Buat Para Calon Mahasiwa Perguruan Tinggi

JABARNEWS | BANDUNG – Kabar penting buat para siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke tataran perguruan tinggi, Kini, pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) bersamaan dengan pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

“Ada yang berbeda dengan tahun sebelumnya, yakni pendaftaran UTBK dilakukan bersamaan dengan SBMPTN,” ujar KETUA Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mohammad Nasih dalam sosialisasi LTMPT yang dilakukan secara daring di Jakarta, Ahad (31/5/2020).

Jika tahun sebelumnya, pelaksanaan SBMPTN dilakukan setelah UTBK. Nilai UTBK yang diperoleh digunakan untuk mendaftar SBMPTN. Sedangkan pada tahun ini, nilai UTBK tidak diumumkan terlebih dahulu. Melainkan langsung digunakan untuk seleksi SBMPTN.

Baca Juga:  Pos Pengamatan Gunung Rinjani Rusak

“Kalau tahun lalu nilai keluar baru daftar SBMPTN, jadi guru bisa memberikan masukan pada siswa. Sedangkan pada tahun ini tidak bisa lagi seperti itu,” terang dia.

Oleh karena itu, lanjut dia, peserta perlu menyikapi hal tersebut. Nasih menyarankan peserta terlebih dahulu mengukur kemampuannya sendiri.

Baca Juga:  Hadiah Lolos Piala Asia 2023, Timnas Indonesia dapat Bonus Rp2 Miliar

“Sejak awal ukur kemampuan dari siswa. Memang ada faktor keberuntungan atau tidak. Namun dengan UTBK akan terlihat kemampuan siswa,” jelas dia.

Selain itu, peserta juga diminta untuk cermat dalam memilih program studi yang sesuai dengan kemampuan dan persyaratan di kampus itu.

“Persiapan penting, karena dengan kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini kami tidak membutuhkan proses panjang dalam penyeleksiannya,” kata dia.

UTBK akan diselenggarakan di 74 PTN. Pendaftaran UTBK dimulai pada 2 Juni hingga 20 Juni 2020. Sedangkan UTBK akan diselenggarakan pada 5 Juli hingga 12 Juli mendatang.

Baca Juga:  Head To Head Timnas Indonesia vs Vietnam Selama Piala AFF 2022

Sementara pengumuman hasil UTBK akan diumumkan pada 25 Juli 2020. Pelaksanaan UTBK dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Setiap peserta yang akan mengikuti UTBK wajib mengenakan masker dan harus dalam kondisi sehat serta mengikuti prosedur pemeriksaan Covid-19.

Nasih mengatakan terdapat sejumlah prosedur yang harus dipatuhi peserta, mulai dari saat masuk ruang ujian, saat ujian dan setelah ujian. (Red)