Pandemi Covid-19 Bikin Google Batalkan Kontrak 2000 Karyawan

JABARNEWS | BANDUNG – Google dilaporkan membatalkan tawaran kerja ke lebih dari 2.000 pekerja kontrak demi mengurangi pengeluaran karena pendapatan iklan yang merosot di tengah pandemi.

Chief Financial Office Google Ruth Porat, bulan lalu mengatakan bahwa perusahaan akan memperlambat laju perekrutan tahun ini.

“Mengingat bahwa kita dihadapkan dengan krisis global dengan durasi yang tidak pasti,” Menurut laporan The New York Times, Minggu (31/05/2020)

Baca Juga:  Waduh, Meski Jadi Klaster Covid-19 Pasar Di Kabupaten Bogor Ini Tetap Buka

Sebanyak 2.000 posisi kontrak itu berasal dari seluruh dunia, dan mereka mewakili sebagian kecil dari tenaga kerja di Google.

Perusahaan teknologi itu dilaporkan memiliki lebih dari 130.000 pekerja kontrak melebihi 123.000 karyawan tetap.

Pandemi telah menyebabkan pelambatan di pasar perikalan, di mana Google menghasilkan sebagian besar uangnya. Pendapatan dari iklan masih naik dari tahun ke tahun untuk kuartal pertama Google, namun pertumbuhannya melambat.

Baca Juga:  Hingga Juni 2021, PN Sei Rampah Tuntaskan 631 Perkara, Terbanyak Kasus Narkoba

Tawaran kerja yang dibatalkan ini menambah jumlah orang-orang yang sekarang kehilangan pekerjaan. Times melaporkan bahwa beberapa orang meninggalkan posisi karyawan tetap untuk menerima pekerjaan kontrak dari Google. Karena mereka meninggalkan posisi mereka secara sukarela, mereka kemungkinan tidak mendapat tunjangan.

Baca Juga:  Perbaiki Tata Kelola dan Regulasi, FOZ Gagas Badan Zakat Indonesia

“Seperti yang telah kami umumkan, kami memperlambat laju perekrutan dan investasi kami, dan sebagai hasilnya tidak merekrut banyak orang baru, pekerja penuh waktu dan sementara, seperti yang kami rencanakan pada awal tahun,” kata juru bicara Google kepada Times. (Red)