Live Stream Bandung 132 TV


Tunggu Dulu, Mau Ke Swalayan? Ini Lho Aturan Saat New Normal

Meski begitu masyarakat tetap dianjurkan menggunakan masker

Pegawai swalayan menunjukkan poster agar pengunjung memahami protokol pencegahan penularan COVID-19 saat mengunjungi pusat perbelanjaan.. (Foto: Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengeluarkan aturan mengenai pembatasan jumlah pembeli di pasar rakyat dan supermarket. Aturan tersebut dikeluarkan seiring rencana pemerintah untuk memberlakukan kenormalan baru (new normal) di tengah pandemi Covid-19.

Aturan yang diatur dalam Surat Edaran (SE) Menteri Perdagangan Nomor 12 Tahun 2020 itu diterbitkan tanggal 28 Mei 2020. Dalam surat edaran itu, para pengunjung di pasar rakyat ataupun toko swalayan, seperti minimarket, supermarket, hipermarket, dan department store, diwajibkan mengenakan masker.

Baca Juga:

Kabupaten Bekasi Tambah Anggaran Covid-19 Jadi Rp 158 Miliar, Ini Kata Bupati

Dongkrak Pendapatan Indramayu, Bank bjb Luncurkan E-Retribusi QRIS



Selain itu, jumlah pengunjung pasar swalayan selama pandemi Covid-19 maksimal 30 persen dari jumlah pengunjung pada saat kondisi normal. Pengelola pasar harus menerapkan pengawasan ketat pada pintu masuk dan pintu keluar pasar guna mencegah terjadinya kerumunan pembeli.

Sedangkan untuk toko swalayan seperti minimarket, supermarket, hypermarket, dan department store, jumlah pengunjung maksimal 40% dari jumlah pengunjung pada saat kondisi normal.

Untuk transaksi pembayaran di kasir, jumlah antrean maksimal 10 pengunjung dengan menerapkan jarak 1,5 meter antarpengunjung. Pembayaran diutamakan menggunakan uang elektronik atau dilakukan secara nontunai guna menghindari kerumunan pengunjung.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Aturan New Normal Pandemi Covid-19 Menteri Perdagangan Airlangga Hartarto Pasar Swalayan Physical Distancing Jabarnews Berita Jawa Barat.

berita terkait

Ini Manfaat Teh Hitam Bagi Kesehatan, Diantaranya Bisa Cegah Kanker

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi