Melawan Lupa, Mari Pahami Arti Lambang Garuda Pancasila

Pancasila lahir oleh sebuah pidato tanpa perencanaan teks yang disampaikan oleh Presiden Soekarno pada 1 Juni 1945 lalu.

Ilustrasi- Lambang Garuda Pancasila. (Foto: Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Setiap tanggal 1 Juni diperingati hari lahirnya Pancasila sebagai pedoman dasar negara Indonesia. Pancasila lahir oleh sebuah pidato tanpa perencanaan teks yang disampaikan oleh Presiden Soekarno pada 1 Juni 1945 lalu.

Terdapat 5 sila yang ada di lambang Pancasila, yakni simbol bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, serta padi dan kapas. Nama Pancasila berasal dari dari dua kata Sanskerta, pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas.



Sejenak kita akan mengulas lambang Garuda Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Bintang - Lambang bintang merupakan sila pertama yang adalah Ketuhanan Yang Maha Esa. Bintang emas dapat diartikan Tuhan yang Maha Esa sebagai cahaya bagi kehidupan.

Pada latar belakang bintang ini terdapat warna hitam yang diartikan sebagai wujud warna alam dan berkat rahmat Allah.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Melawan Lupa Garuda Pancasila Lambang Negara Hari Lahir Pancasila 1 Juni Presiden Soekarno Ideologi Negara Indonesia Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi