Banjir Rob Kepung Kawasan Pesisir Cirebon

JABARNEWS | CIREBON – Hujan deras yang terjadi pada Senin (01/06/2020) mengakibatkan Kawasan Pesisir Cirebon dikepung Banjir Rob. Ketinggian Air hingga mencapai 70 cm.

Banjir rob atau naiknya air laut ke permukaan, melanda setidaknya tiga kecamatan di Kabupaten Cirebon yakni Kecamatan Mundu, Gebang, dan Losari.

Baca Juga:  Masih Ribut Aturan Toa Masjid? Menag Yaqut Sebut Kurang Piknik

“Banjir rob tertinggi diketahui dialami warga di Desa Mundupesisir, Kecamatan Mundu, dengan ketinggian air berkisar 50-70 cm,” ujar Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon, Eman Sulaeman.

Ia menambahkan banjir rob juga melanda di Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, turut terendam sekitar 30 cm. Beruntung, malam hari seiring berakhirnya hujan, banjir rob pun menyurut.

Baca Juga:  Nyaris Tenggelam! Perahu Terbalik Bikin Wisatawan Panik di Pantai Palangpang

Menrut Eman sebelum rob terjadi cuaca di Kabupaten Cirebon pada siang hari cukup panas dan menurun drastis pada pukul 15.00 WIB.

Baca Juga:  Pupuk Indonesia Siap Jaga Produksi untuk Ketahanan Pangan

“Terjadi penurunan suhu mendadak pada sore hari,” katanya.

Kondisi itu terjadi di sekitar Laut Jawa hingga mengakibatkan angin dan ombak air laut naik ke darat (rob). Pihaknya mendata, sedikitnya 423 rumah terendam dan 550 kepala keluarga terdampak banjir rob. (Red)