Ribuan Jemaah Haji di Kota Bandung Batal Ke Tanah Suci, Ini Penjelasannya

JABARNEWS | CIANJUR – Pemerintah Indonesia memutuskan tidak memberangkatkan jemaah haji 2020 ke Arab Saudi di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Sebanyak 2.236 orang di Kota Bandung batal pergi ke Tanah Suci tahun ini.

“Ini ada update informasi jadi jumlah jamaah haji Kota Bandung itu bukan 1.474, tapi 2.236 orang. Namun, batal berangkat tahun ini,” ujar Agus Humas Kemenag Kota Bandung, Selasa (02/06/2020).

Baca Juga:  Penemuan Mayat Perempuan Gegerkan Warga Kampung Andir Cianjur

Ia menjelaskan biaya pendaftaran jamaah haji yang sudah masuk tidak akan dikembalikan, sehingga bagi calon jamaah yang sudah mendaftar haji, otomatis datanya telah terdaftar untuk diberangkatkan ke Tanah Suci tahun depan.

“Nanti kan uang pelunasan akan disimpan badan pengelola keuangan haji di pusat. Untuk jumlahnya (pemberangkatan tahun depan) sesuai kuota 2.236 calon jamaah, termasuk petugas dan pembimbing haji,” kata Agus.

Saat ini pihaknya akan segera menyosialisasikan pembatalan keberangkatan haji pada tahun ini kepada calon jemaah haji, termasuk soal biaya naik haji yang bakal dimanfaatkan untuk keberangkatan tahun depan.

Baca Juga:  Menang 2-1, Timnas Indonesia Miliki Segudang Catatan Negatif

“Hari ini baru konferensi pers dan akan disosialisasikan ke jamaah,” kata dia.

Sebelumnya, Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan pemerintah memutuskan tidak memberangkatkan jamaah haji pada musim haji 2020/1441 Hijriah karena pertimbangan pandemi COVID-19.

“Pemerintah memutuskan untuk tidak memberangkatkan jamaah haji pada tahun 2020/1441 Hijriah,” kata Menag dalam konferensi pers mengenai penyampaian keputusan pemerintah terkait penyelenggaraan ibadah haji 2020/1441 Hijriah di Jakarta, Selasa.

Baca Juga:  Tata Kelola Transportasi Dinilai Baik, Depok Raih Penghargaan WTN

Pembatalan pemberangkatan jamaah haji tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 494/2020. Sesuai dengan amanat undang-undang selain persyaratan ekonomi dan fisik, kesehatan dan keselamatan jamaah haji harus diutamakan mulai dari embarkasi, di Tanah Suci hingga kembali ke Tanah Air. (Red)