aqua

Haji 2020 Batal, Uang Jamaah Bisa Dikembalikan, Ini Skemanya

Pengembalian dana tersebut bakal difasilitasi langsung oleh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) daerah masing-masing

Ilustrasi. (Foto: Net)

JABARNEWS | BEKASI - Pemerintah resmi membatalkan ibadah haji 2020 atau 1441 Hijriah imbas pandemi corona. Kementerian Agama bersama Komisi VIII DPR sepakat, apabila penyelenggaraan ibadah haji tahun 2020 batal, dana setoran lunas calon jemaah haji reguler akan dikembalikan kepada yang telah melunasi biaya perjalanan ibadah haji (Bipih).

Hal sama berlaku juga bagi calon Jemaah Haji Khusus. Mereka bisa mengajukan pengembalian setoran lunas melalui PIHK (Penyelenggara Ibadah Haji Khusus) tempatnya mendaftar.

Baca Juga:

Gus Menteri: Jangan Mengabaikan Sisi Pemerataan Hasil Pembangunan

Bikin Terharu, Begini Kondisi Anak Vanessa Angel yang Kurang Sentuhan Ibu



Pada musim haji tahun ini ada 2.176 jemaah calon haji asal Kabupaten Bekasi, Jawa Barat yang terbagi atas empat kelompok terbang (kloter) penuh dan dua kloter gabungan. Mereka harus menelan pil pahit setelah batal diberangkatkan setelah mayoritas dari jemaah telah mendaftar beberapa tahun sebelumnya.

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat akan memfasilitasi pengembalian dana pelunasan haji bagi para jamaah calon haji yang batal diberangkatkan tahun ini menyusul keputusan pembatalan ibadah haji dari pemerintah pusat.

"Kita masih menunggu Keputusan Menteri Agama dulu seperti apa. Info sementara jika ada calon haji yang meminta pengembalian uang pelunasan, kita bantu," kata Kepala Kemenag Kabupaten Bekasi Shobirin di Cikarang, Selasa (2/6/2020).
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Ibadah Haji Kementerian Agama Kemenag Bekasi Jamaah Haji Pandemi Corona Covid-19 Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Raih WTP Ke-9, PZU Salurkan 125.885 Penerima Manfaat

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi