Karena Corona Pemberangkatan Haji Tahun Ini Batal

JABARNEWS | KARIKATUR – Pemerintah Indonesia memutuskan tidak memberangkatkan jemaah haji 2020 ke Arab Saudi di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Atas keputusan ini, Menteri Agama Fachrul Razi menyampaikan rasa simpatinya. Ia juga mengajak para jemaah haji ikhlas menerima kebijakan pemerintah tersebut.

Baca Juga:  SMSI 'Sulap' Gedung Journalist Boarding School Jadi Penginapan Paramedis Covid-19

Dalam jumpa pers melalui siaran langsung Youtube, Selasa (2/6/2020). Menteri Agama, Fachrul Razi mengatakan hingga hari ini pemerintah Arab Saudi belum membuka akses bagi jemaah haji dari negara manapun. Padahal, pemberangkatan jemaah haji memerlukan banyak persiapan dan memakan waktu yang tidak sebentar.

Baca Juga:  Sempat Jadi Korban Pembacokan, Mantan Ketua KY Jaja Ahmad Jayus Wafat

Fachrul menyadari bahwa pembatalan pemberangkatan ibadah haji ini merupakan keputusan yang cukup pahit dan sulit. Pemerintah telah berupaya untuk menyiapkan penyelenggaraan haji. Namun di sisi lain, pemerintah juga harus bertanggung jawab dalam menjamin keselamatan warganya dari risiko penyebaran Covid-19.

Baca Juga:  SMKN 5 Cikelet Akan Segera Miliki Asrama Representatif

Kabar tersebut menjadi kesedihan bagi ratusan ribuan calon jemaah haji tanah air, yang tengah merindukan pelaksanaan ibadah rukun iman yang ke 5. (Dod)