Cahaya Misterius Muncul Pada Subuh 1 Ramadhan

JABARNEWS | MALAYSIA – Keindahan Subuh di hari pertama bulan Ramadhan dihiasi dengan satu fenomena misterius dan unik yang muncul di langit Kedah, Malaysia.

Foto fenomena unik tersebut berhasil direkam seorang penjual burger, Farizal Alimi, di Kampung Baru, Kota Sarang Semut, sekitar jam 2:15 pagi waktu setempat.

Menurut Farizal, garis cahaya bergerak berbentuk pilar kecil-kecil itu muncul selama 8 hingga 10 menit sebelum menghilang.

Baca Juga:  Tak Banyak yang Tau, Kenali Bedanya Masker Bedah dan N95

Dia menambahkan bahwa cuaca saat itu bagus setelah hujan di sore hari. Bahkan, tidak ada angin yang bertiup ketika fenomena itu terjadi.

Beberapa orang mungkin akan mengaitkan fenomena unik di hari pertama bulan Ramadhan ini dengan hal-hal berbau gaib.

Padahal fenomena tersebut merupakan fenomena alam biasa yang kebetulan terjadi di hari pertama bulan Ramadhan tahun ini.

Baca Juga:  TPS Mobile Layani Pasien RSHS Bandung

Hasil foto yang diambil Farizal mirip dengan fenomena pilar cahaya atau tiang cahaya.

Pilar cahaya merupakan fenomena optik alami yang disebabkan pembiasan cahaya oleh kristal es yang tergantung di udara.

“Biasanya, kristal es cukup kecil untuk tetap menggantung di udara dan hanya terbentuk ketika suhu dingin berada di bawah,” tambah Samuhel, dilansir dari laman Dream.co.id.

Baca Juga:  Pilkada 2020, KNPI Jabar Minta Pemuda Ikut Disiplinkan 3M

Agar pembentukan kristal es terjadi, kondisinya harus bertekanan tinggi tanpa angin. Ini karena angin dapat merusak pembentukan pilar dengan angin dan curah hujan.

Dia menambahkan, kristal es bisa membiaskan cahaya dari daratan seperti lampu jalan atau lampu perahu nelayan di lautan. Warna pilarnya bahkan bergantung pada sumber cahaya yang terlibat. (Red)