aqua

Langkah Jempolan Sri Mulyani Tutup Kebocoran Ekonomi

Netflix, Spotify hingga Zoom harus membayar Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10% dari hasil jualannya.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Kemenkeu)

JABARNEWS | JAKARTA - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) akan segera menarik pajak dari semua perusahaan over the top yang menjual jasanya di Indonesia. Artinya, Netflix, Spotify hingga Zoom harus membayar Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10% dari hasil jualannya.

Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo mengatakan, penarikan PPN terhadap perusahaan digital tersebut dilakukan agar tercipta keadilan (level playing field) bagi perusahaan yang tercatat sebagai subjek pajak dan selama ini taat membayar pajak ke pemerintah.

Baca Juga:

Ditetapkan Tersangka Penggelapan Pajak, Anggota DPRD Purwakarta Ini Anggap Bermuatan Politis

Rommy Kembali Diperiksa KPK Dalam Kasus DAK Tasikmalaya



Menurutnya, pemungutan PPN dilakukan untuk semua produk yang dikonsumsi baik barang dan jasa yang diperjualbelikan di Indonesia baik yang diproduksi dalam negeri maupun yang berasal dari dalam negeri. Semuanya dipungut pajaknya melalui daerah pabeanan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) .

Bahkan, UU PPN ini dikatakan sudah ada sejak 1983. Artinya, semua barang dan jasa yang dijual di Indonesia harus dibayar PPN nya oleh konsumen yang menikmatinya yang ditagih oleh badan usaha tersebut.

"Sejak UU PPN ada tahun 1984 mulai berlaku 1 Januari, sebetulnya sudah dikenakan PPN," ujarnya saat berbincang dengan Staf Ahli Bidang Pengawas Pajak Nufransa Wira Sakti yang dikutip Selasa (2/6/2020).
Halaman selanjutnya 1 2 3 4
Tags : Direktorat Jenderal Pajak Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo Kementerian Keuangan Kemenkeu Menteri Keuangan Sri Mulyani Netflix Spotify Zoom Pajak Pertambahan Hasil Pajak Usaha Digital Kebocoran Ekonomi Jabarnews Berita Jawa Barat Perusahaan Digital

berita terkait

Fantastis, Uang Pensiun PNS Bisa Capai Rp 20 Juta per Bulan

Kemenkeu Salurkan Dana Desa Tahap Pertama

Tahun Depan, Penyaluran DD Desa Mandiri Bakal Dua Tahap

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi