Kawal AKB Di Jabar, Pangdam Siliwangi Akan Kerahkan Ribuan Personil TNI

JABARNEWS | BANDUNG – Sebanyak 3.400 personil TNI se-Jawa Barat akan dikerahkan dalam rangka pelaksanaan pengawasan kegiatan adaptasi kebiasaan baru (AKB) dan apabila digabungkan dengan TNI, Polri dan Pemda pasti akan lebih banyak lagi.

Hal tersebut dikatakan Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto saat melaksanakan rapat evaluasi gugus tugas penanganan Covid-19 yang diselenggarakan di Ruang Silihwangi Makodam III/Siliwangi Jalan Aceh No. 69 Kota Bandung, Selasa (2/6/2020).

Baca Juga:  BPBD Subang Waspadai Potensi Banjir Susulan

Dalam rapat evaluasi, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengatakan, bahwa saat ini sudah memasuki di era baru yaitu Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di lingkungan Jawa Barat.

“Dalam rangka pelaksanaan AKB ini, TNI dan Polri diturunkan untuk mengawasi pelaksanaan kedisiplinan masyarakat,” kata Wiryanto

Baca Juga:  Hasil Swab Test, 13 Karyawan Pupuk Kujang Positif Covid-19

Menurutnya, ada tiga hal yang harus diwaspadai dalam kedisiplinan masyarakat, yaitu yang pertama penggunaan masker, yang kedua menjaga jarak dan yang ketiga selalu mencuci tangan.

“Jadi 3 hal tersebut, ditempat-tempat keramaian tersebut akan dijaga oleh TNI dan Polri. Apa bila ada masyarakat yang tidak menggunakan masker maka diingatkan baik-baik, diberikan masker supaya kita sama yaitu sama-sama menggunakan masker,” ucapnya.

Baca Juga:  Jalani Isolasi Selama 14 Bulan, Pria Ini 78 Kali Positif COVID-19

Selain itu, Wiryanto menjelaskan tempat-tempa keramaian, tempat ibadah kemudian stasiun dan pasar perlu diwaspadai dan perlu disiplinkan, karena yang paling utama adalah penggunaan masker.

“Oleh sebab itu, mari kita semuanya dari TNI, Polri maupun Pemda baik dari Dishub dan Satpol PP mensosialisasikan sehingga kita dapat mengurangi perkembangan Covid-19 ini,” pungkasnya. (Rnu)