aqua

Soal UKT Mahasiswa, Benarkah Ada Kenaikan Dari Kemendikbud?

Ada Empat 4 poin tanggapan terkait kenaikan isu Uang Kuliah Tetap.

Ilustrasi. (Foto: Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Plt Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Nizam memastikan tidak ada kenaikan Uang Kuliah Tetap (UKT) di masa pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Nizam lewat surat edaran yang diterbitkan pada Rabu (3/6/2020) yang ditandatangani langsung oleh dirinya.

Baca Juga:

Pendaftaran Beasiswa Unggulan Resmi Dibuka, Catat Tanggalnya!

Tiga Kementrian Ini Jadi Incaran PKB



Sebelumnya, banyak pemberitaan yang tersebar di media sosial tentang kenaikan UKT bagi para mahasiswa di tengah merebaknya Covid-19. Dalam surat tersebut, Nizam menyampaikan 4 poin terkait isu kenaikan UKT.

Pertama, Kemendikbud memastikan tidak ada kenaikan UKT di masa pandemi Coronavirus disease (Covid-19). Sesuai laporan yang diterima Kemendikbud, jika terdapat PTN yang menaikkan UKT, keputusan tersebut diambil sebelum masa pandemi dan diberlakukan kepada mahasiswa baru sesuai kemampuan ekonomi orang tua. Selain itu, keputusan terkait UKT tidak boleh menyebabkan mahasiswa tidak dapat berkuliah.

Kedua, berdasarkan keterangan tertulis pada 6 Mei 2020. Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri (MRPTN) menyepakati beberapa opsi bagi para mahasiswa yang terdampak pandemi untuk mengatasi masalah UKT, yaitu: Menunda pembayaran, menyicil pembayaran, mengajukan penurunan UKT, dan mengajukan pengajuan finansial bagi yang berhak.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Kemendikbud Kementrian Pendidikan Lawan Covid Biaya Kuliah Uang Kuliag Tetap UKT Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiprlokal

berita terkait

Gandeng Kemendikbud, Bekraf Lahirkan Pencipta Gim

Pelaksanaan PPDB Diserahkan ke Pemda

Kemendikbud: Pemda Masih Lakukan Penyimpangan Aturan Zonasi

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi