Simak! Sumedang Belum Operasikan Aktivitas Ini Saat AKB

JABARNEWS | SUMEDANG – Secara bertahap saat pemberlakuan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), yang dimulai pada Selasa (2/06/2020), di Kabupaten Sumedang, sejumlah aktivitas sudah bisa beroperasi lagi termasuk kesehatan masyarakat pun harus terjamin.

“Pemberlakuan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau new normal bertujuan agar kita bisa beraktivitas dan tetap produktif namun aman dari Covid-19,” ujar Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, Selasa (02/06/2020).

Baca Juga:  Kementerian Perhubungan Lakukan Sosialisasi PM 26 Tahun 2017

Ia menambahkan, kewaspadaan terhadap Covid-19 salah satunya menjalankan protokol kesehatan yang ketat sehingga virus corona terkendali, kata dia, jumlah kasus dan sebarannya harus menurun.

Adapun sedikitnya ada 18 aktivitas yang mulai bisa beroperasi namun dilakukan secara bertahap. Kecuali untuk kegiatan pendidikan yang masih difokuskan lewat daring.

“Untuk kegiatan sekolah, perpustakaan, salon, spa dan barber shop belum bisa buka sampai ada ketentuan lebih lanjut. Kegiatan sekolah menggunakan metode online dengan belajar di rumah,” ungkapnya.

Baca Juga:  Wakil Walikota Cirebon Lakukan Program Jelajah Literasi

Saat melakukan aktivitas di luar rumah itu harus menjalankan protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah penyebaran Covid-19. Lembaga atau unit kerja di setiap aktivitas, lanjut Dony, harus memiliki standar opersional prosedur (SOP), sarana prasana serta Satgas Covid untuk menunjang protokol kesehatan berjalan.

Baca Juga:  Jasa Tirta II Kembangkan Potensi Bisnis SPAM dan EBT Melalui PT PBNU

Menurutnya, kebiasaan baru memakai masker saat beraktivitas di luar rumah, jaga jarak menghindari kerumunan, selalu cuci tangan memakai sabun/hand sanitizer harus menjadi kebiasaan sehari-hari. Begitu juga dengan pola hidup sehat dan bersih, makan minum yang sehat dan bergizi serta olahraga teratur harus menjadi kebiasaan dan kebutuhan. (Red)