Victor Igbonefo Ogah Kalau Kompetisi Liga 1 Diganti Dengan Turnamen

JABARNEWS | BANDUNG – Dalam waktu dekat ini keputusan untuk melanjutkan Liga sudah memulai titik terang. Hal ini disampaikan langsung PT LIB selaku operator Liga 1 dan Liga 2 di Indonesia.

Namun, bek tangguh milik Persib Bandung, Viktor Igbonefo kini mempertanyakan urgensi PSSI jika nantinya memutuskan lebih memilih menggelar turnamen ketimbang melanjutkan kompetisi.

“Aku lihat ada beberapa pendapat, salah satunya liga stop kemudian berganti turnamen. Pertanyaan aku untuk apa sebenarnya turnamen? Saya percaya semua berharap liga lanjut,” ujar Igbonefo. Rabu (3/6/2020).

Baca Juga:  Kasus Buron Djoko Tjandra Bikin Malu Negara, DPR Lakukan Ini

Sementara di sisi lain, pemerintah berencana menerapkan pedoman hidup new normal (normal baru) atau penyesuaian kebiasaan sehari-hari. Apabila telah diberlakukan, kemungkinan besar sepak bola juga bakal mengikuti langkah tersebut.

Igbonefo berharap apapun keputusan yang diambil PSSI nanti, tidak menghentikan liga dan menggantinya dengan turnamen. Sebab, bakal berpengaruh terhadap berbagai aspek terutama tim nasional sepak bola.

“Jadi, semua berharap liga lanjut mungkin sekitar bulan Agustus,” kata dia.

Pun demikian dengan pelatih Robert Rene Alberts yang menyatakan bahwa kompetisi dan turnamen memiliki perbedaan yang signifikan. Level persaingan di kompetisi dinilai lebih ketat karena memiliki durasi yang panjang, sementara turnamen lebih menguras tenaga dalam waktu singkat.

Baca Juga:  Warga Ciamis Yang Tak Punya KTP-el Tak Perlu Was-was, Disdukcapil Janji "Jemput Bola"

Robert sendiri mengusulkan agar kompetisi bisa dilanjutkan dengan catatan ketika pandemi sudah mereda disertai penerapan protokol keselamatan yang ketat.

“Ini bukan karena sebuah liga, tapi kami melihat suatu gambar yang lebih besar, seperti kualitas dari tim nasional supaya pemainnya tetap kompetitif ketika bermain lagi Oktober nanti. Kami harus mempersiapkan pemain supaya mereka bisa mewakili Indonesia di AFC,” katanya.

Baca Juga:  Cegah Penyebaran Covid-19, Polsek Jatiluhur Gelar Operasi Yustisi Secara Mobile

Diketahui otoritas sepakbola tertinggi di Indonesia itu mengusulkan akan melanjutkan kompetisi Liga 1 2020 pada bulan September 2020 mendatang. Nasib Liga 1 dan Liga 2 sendiri hingga saat ini masih digodok PSSI setelah ditangguhkan sejak Maret akibat pandemi COVID-19 yang melanda Tanah Air.

Federasi juga telah meminta usulan dari klub peserta Liga 1 dan Liga 2 yang nantinya akan dibawa ke rapat Komite Eksekutif (Exco) dalam waktu dekat ini. (Red)