Live Stream Bandung 132 TV


Kesiapan Indonesia Dalam Mewujudkan SMART ASN

Ilustrasi ASN. (Foto: Net)

Penulis: Aulia Hanadita Balkis, Hana Fitri Wulandari, Zola Jean Patton (Mahasiswa Universitas Indonesia jurusan Ilmu Administrasi Negara)

Setiap warga negara pada dasarnya membutuhkan pelayanan dari pemerintah sebagai pengendali kekuasaan. Adapun Pelayanan yang dimaksud ialah pelayanan publik.

Baca Juga:

Ada 45 ASN di Sembilan Dinas Terpapar Covid-19, Bupati Purwakarta Terapkan WFH

Bima Arya: Balai Kota dan Beberapa Kantor Dinas Ditutup Sementara



Pelayanan publik merupakan suatu kegiatan untuk memenuhi kebutuhan pelayanan sesuai dengan yang diatur dalam peraturan perundang-undangan yang diberikan kepada masyarakat atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara publik.

Dalam memberikan pelayanan publik yang berkualitas, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya: 1) Kemudahan dalam pengurusan bagi yang berkepentingan. 2) Mendapatkan pelayanan yang wajar. 3) Mendapatkan pelayanan yang sama tanpa pilih kasih. 4) Mendapatkan perlakuan yang jujur dan transparan.

Aparatur Sipil Negara (ASN) memiliki peranan penting dalam menyelenggarakan pelayanan publik karena kinerja ASN berdampak langsung kepada masyarakat sebagai pengguna layanan. Dalam UU No.5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara, disebutkan bahwa ASN diharapkan mampu menyelenggarakan pelayanan publik dan menjalankan peran sebagai perekat kesatuan dan persatuan bangsa dengan profesional, berintegritas, bebas dari intervensi politik, dan bebas dari praktik korupsi, kolusi serta nepotisme.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4
Tags : Smart ASN ASN Indonesia Universitas Indonesia Aparatur Sipil Negara Pelayanan Publik Kinerja ASN Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Simak! Lewat SE Ini, Bupati Majalengka Batasi Kegiatan ASN

Info Penting Buat ASN Soal Hak Cuti Perorangan, Simak!

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi