Anti Lemot! Ini Lokasi dengan Koneksi Internet Tercepat, Daerahmu Posisi Berapa?

JABARNEWS | BANDUNG – Anda sering berselancar di internet? Jika jawabanmu iya, Anda sudah tentu membutuhkan koneksi internet yang besar. Tapi yang lebih penting, Anda juga butuh perangkat yang mampu melayani koneksi data internet yang tinggi. Sebesar-besarnya koneksi internetmu.

Kebutuhan akan sambungan internet yang memadai, saat ini, bertambah pesat. Dengan adanya himbauan mengenai social distancing, banyak orang yang bekerja dari rumah. Mau tidak mau, sambungan internet menjadi sarana utama untuk melakukan pekerjaan.

Perusahaan analitik mobile Opensignal menerbitkan analisis terbaru mengenai pengalaman streaming video pada telepon seluler di Indonesia. Terungkap kota mana saja di Indonesia yang jawara soal memutar video online di ponsel.

Pengguna di Kota Sorong menikmati streaming video di ponsel dengan kualitas terbaik di Indonesia, selanjutnya di Ambon dan Jayapura. Ketiganya berada di kategori peringkat Very Good dengan skor masing-masing 68,1 lalu 67,4 dan 65.

Baca Juga:  Tahun 2021, Pemerintah Buka Penerimaan Guru, Dokter, Bidan dan Perawat

“Ini berarti bahwa pengguna di tiga kota ini rata-rata mengalami waktu pemuatan yang lebih cepat dan hanya lamban sesekali saja dibandingkan dengan kota-kota lainnya,” sebut Opensignal.

“Kami menemukan pengalaman video di daerah perkotaan Indonesia berkisar dari Fair (40-55) hingga Very Good (65-75), tergantung pada lokasinya. Sebagian besar pengguna di kota-kota menikmati Pengalaman Video yang baik,” tambahnya.

Dalam penjelasannya, OpenSignal menyebut bahwa semakin user melakukan aktivitas video streaming yang rakus data, kapasitas jaringan pun tertekan sehingga bisa menurunkan kualitas.

“Walaupun secara umum operator cenderung mengkonsentrasikan jaringan mereka dan upgrade kapasitas di kota besar, sering peningkatan itu tidak bisa seiring dengan permintaan konsumsi data yang terus tumbuh di metropolis yang melek teknologi dan populasinya padat,” paparnya.

Baca Juga:  Kemenag Buka Pendaftaran Seleksi CPNS dan PPPK 2023, Buruan Cek Syaratnya Disini!

Adapun kualitas streaming video di Pulau Jawa ternyata kalah dibandingkan dengan luar Jawa. Terbukti dalam laporan ini, tidak ada kota di pulau Jawa yang masuk dalam peringkat 10 besar. Jawara pertama di Jawa adalah kota Bekasi yang secara keseluruhan berada di rangking 19. Adapun ibukota Jakarta nangkring di posisi ke-28.

“Nilai tertinggi di pulau Jawa adalah Kota Bekasi (60,3) peringkat ke-19, Surabaya di peringkat ke-22 dan Kota Bandung di peringkat ke- 26. Ibukota Jakarta berada di peringkat ke-28,” tulis Opensignal.

Baca Juga:  Temukan Sumber Minya dan Gas Baru di Bekasi dan Indramayu, Pertamina Yakin Bisa Capai Target Produksi

Temuan lainnya, streaming video tampaknya lebih memuaskan di kota kecil karena beberapa kota besar di Indonesia tidak masuk 10 besar.

“Semua kota terbesar di Indonesia seperti Makassar, Palembang, Medan, Tangerang Selatan dan Kota Tangerang semuanya berada di luar 10 besar,” cetus Opensignal.

Secara keseluruhan dalam laporan bertajuk State of Mobile Network Experience report 2020 ini, Indonesia berhasil meningkatkan rating pengalaman video dari kategori fair menjadi good.

“Dalam analisis ini, kami meneliti 44 kota terbesar di Indonesia untuk melihat bagaimana mereka dibandingkan dalam penilaian kami soal Video Experience mobile dalam skala sampai 100 poin, berdasarkan skor kombinasi semua operator nasional,” pungkas Opensignal. (Red)