Kabar Baik, Mulai Besok Warga Depok Boleh Shalat Jumat di Masjid

JABARNEWS | DEPOK – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Jawa Barat telah mengijinkan warganya untuk mengikuti shalat Jumat berjamah di masjid mulai 5 Juni 2020 besok.

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) salah satunya membolehkan masyarakat untuk melakukan aktivitas di rumah ibadah dengan tetap memperhatikan beberapa ketentuan yang yang harus ditaato.

“Warga Depok akan mulai melakukan aktivitas dengan Adaptasi Kebiasaan Baru, salah satunya aktivitas di rumah ibadah, meski begitu dalam pelaksanaannya ada sejumlah ketentuan yang harus dipatuhi oleh masyarakat,” dikutip dari Suara, Kamis (04/06/2020).

Baca Juga:  Berikut Ramalan Zodiak Senin, 24 Agustus 2020

Ia mengatakan angka penularan atau reproduksi efektif di Depok diklaim terus menurun maka pada 5 Juni 2020 semua rumah ibadah akan dibuka namun tetap dengan sejumlah ketentuan yang harus dipatuhi.

Baca Juga:  Wabah Corona Meluas, Karyawan Pabrik di Subang Dirumahkan

“Selain dengan sejumlah ketentuan, protokol kesehatan juga harus dijalankan. Di antaranya, pengecekan suhu tubuh, tetap menjaga jarak dan membawa perlengkapan ibadah sendiri, serta harus menggunakan masker, ujarnya.

Menurut Idris, tidak hanya pembukaan rumah ibadah, beberapa aktivitas sosial lain juga akan mulai dibuka dengan pengaturan dan protokol yang ketat.

Namun untuk aktivitas pendidikan masih dengan pembelajaran jarak jauh, tetapi pada bulan Juli akan ada konsep baru dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Baca Juga:  PLN Pecah Rekor Borong 20 Proper Emas KLHK 2023, Ma'ruf Amin Sampaikan Hal Ini

“Nanti setelah 4 Juni ini, pusat-pusat ekonomi seperti mal-mal dan rumah makan akan kami buka. Akan tetapi untuk rumah makan yang ada di Kota Depok akan dikenakan pembatasan pengunjung sebanyak 50 persen dari ketersediaan tempat,” katanya. (Red)