Tak Kehabisan Akal, Cara Latihan Mandiri Anti Bosan Ala Dado

JABARNEWS | BANDUNG – Gelandang Persib Bandung Dedi Kusnandar menceritakan kegiatan rutin yang dilakukannya saat ini bersama keluarga. Sejak diliburkannya kompetisi Liga 1 2020 akibat pandemi virus corona di Indonesia, para pemain Liga 1 Indonesia yang menjalani latihan mandiri akibat pandemi COVID-19.

Dado sapaan akrabnya memiliki cara tersendiri dalam melahap setiap program yang diberikan pelatih dengan memilih memanfaatkan perabot rumah sebagai mediumnya. Cara ini dianggap ampuh agar tidak bosan melahap program latihan mandiri di rumah yang diberikan jajaran pelatih.

Baca Juga:  Koperasi Bisa Bangkitkan Ekonomi Di Kota Bandung, Begini Penjelasannya

“Kemarin-kemarin saya juga berlatih dengan alat-alat yang ada di rumah. Misalnya dengan kursi untuk membantu variasi dalam push-up,” ujar Dado seperti dilansir dari laman resmi klub.

Sejak kompetisi ditangguhkan pada Maret lalu, skuad Maung Bandung menjalani program latihan di rumah. Tim pelatih pun memberikan menu latihan berbeda tiap pekannya. Khusus setelah libur Idul Fitri, pelatih Robert Rene Alberts mulai memberikan menu latihan dengan intensitas tinggi. Hal ini dilakukan agar kondisi kebugaran mereka tetap fit ketika akan kembali dikumpulkan.

Baca Juga:  Netizen Dibikin Salfok Lihat Kartu Ucapan Idul Fitri dari Jokowi

PSSI sendiri membuka opsi Liga 1 dan Liga 2 kemungkinan bisa kembali digelar pada Oktober mendatang. PSSI mengklaim semua klub setuju untuk menggulirkan kembali liga dengan protokol kesehatan yang ketat.

Dado mengaku sudah mulai merindukan suasana latihan bersama tim. Menurutnya, latihan bersama selalu membuat motivasi berlatih menjadi tinggi. Namun, dengan adanya pandaemi seperti saat ini, latihan pun terpaksa dilakukan secara mandiri di rumah masing-masing.

Baca Juga:  Napoleon Bonaparte Tidak Nongol-Nongol di Persidangan, Majelis Hakim PN Jaksel Geram

“Sudah dua bulan lebih pemain berlatih mandiri. Jujur, saya sudah mulai rindu sama teman-teman. Karena berlatih bersama membuat saya semangat dan suasana kebersamaannya itu yang menyenangkan,” katanya.

Sementara itu, pelatih fisik Persib Yaya Sunarya memastikan pihaknya memberikan variasi program latihan mandiri yang dilakukan para pemain agar mereka tidak merasakan kejenuhan.

“Jadi tim pelatih juga tetap mencari referensi program-program latihan mandiri dari klub-klub Eropa yang bisa diadopsi di tim kita,” kata dia. (Red)