Berikut Sejumlah Manfaat Daun Putri Malu Bagi Kesehatan

JABARNEWS | BANDUNG – Daun ini biasanya tumbuh liar di semak belukar di pinggir jalan atau di tanah lapang. Uniknya, daun ini akan menutup begitu tersentuh seperti menggambarkan perasaan malu.

Flora ini memang memiliki sensitifitas terhadap rangsangan, maka dari itu tanaman ini dinamakan putri malu. Putri malu meski dianggap tumbuhan liar, ternyata banyak memiliki manfaat.

Berikut manfaat putri malu untuk kesehatan dirangkum dari berbagai sumber :

1. Mengatasi Demam – Kandungan pada tumbuhan ini ampuh menormalkan suhu tubuh yang sedang tinggi atau demam. Tak hanya itu bila kamu sedang menggigil, keringat dingin atau pun pusing, bisa segera mengonsumsi ini. Dengan cara menumbuk daunnya, merebus dalam beberapa menit dan meminumnya.

Baca Juga:  Jangan Khawatir! Karyawan Status Pekerja Harian Juga dapat THR, Ini Cara Menghitungnya

2. Menyembuhkan Batuk – Tanaman putri malu, bila dikonsumsi secara rutin bisa menjadi solusi batuk yang disertai dengan dahak. Caranya dengan merebus garam dan juga daun putri malu selama 10 hingga 15 menit. Setelah matang bisa langsung diminum dalam keadaan hangat. Tak hanya batuk, ramuan rebusan tersebut juga ampuh menyembuhkan flu dan gangguan pernapasan lainnya.

Baca Juga:  Kabar Baik! Balita di Purwakarta Dinyatakan Sembuh dari Corona

3. Mengatasi Insomnia – Bagi kamu yang bermasalah dengan tidur atau insomnia, kandungan pada daun putri malu mampu mengatasi tidur. Dengan cara merebus daunnya sebanyak 50 gram, dan diminum beberapa menit saat ingin pergi tidur.

4. Menyembuhkan Luka akibat Diabetes – Tumbuhan ini bisa menyembuhkan luka pada penderita diabetes, pasalnya menurut hasil penelitian Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur. Akar pada tanaman ini memiliki ekstrak kloroform yang bisa digunakan untuk menyembuhkan luka akibat penyakit gula berlebih.

Baca Juga:  Kemelut di PPP, Mardiono Percaya Suharso Monoarfa Berjiwa Besar Lepas Jabatan Ketua Umum

5. Menghentikan Pendarahan – Tanaman putri malu mengandung senyawa tanin dan juga sumber antioksidan, yang baik untuk menghentikan risiko pendarahan berlebih juga proses pembentukan jaringan kulit yang baru, yang terdapat pada bubuk pada tanaman tersebut. (Red)