Jual Satwa Liar Dilindungi, Pelaku Ditangkap di Kadungora dan Cicalengka

Seharusnya satwa tersebut hidup di alam bebas bersama induknya karena masih membutuhkan makanannya

Surili barang bukti perdagangan ilegal satwa liar dilindungi yang diamankan oleh tim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (Foto: Gakkum KLHK)

JABARNEWS | BANDUNG - Tim Siber Patrol Perdagangan Tumbuhan dan Satwa Liar (TSL) berhasil mengungkap jaringan perdagangan hewan dilindungi surili dan lutung Jawa di Bandung, Jawa Barat Jumat (5/6/2020) .

Dengan dukungan dari aparat Kepolisian Resor Garut, tim menangkap pelaku berinisial TL (23) di Harumansari, Kadungora, Garut, dan kemudian menangkap pelaku lain berinisial JL di Babakan Peuteuy, Cicalengka, Bandung. Tim penyidik pegawai negeri sipil masih memeriksa pelaku.

Baca Juga:

SJH Siap Jadi Venue Piala Menpora, Dispora: Sudah Standar Kelas Dunia

Benahi Situ Cisanti, Satgas Citarum Harum Turuti Permintaan Juru Kunci



"Kami akan terus meningkatkan pemantauan aktivitas perdagangan satwa dilindungi online (daring) melalui Siber Patrol untuk mendeteksi dini kejahatan perdagangan ilegal TSL di dunia maya dan memberantas serta mengungkapkan jaringan hingga ke akarnya," ujar Direktur Pencegahan dan Pengamanan Hutan KLHK Sustyo Iriyono dalam keterangan tertulis, Sabtu ( 06/006/2020)

Ia menambahakan, Tim Direktorat Jenderal Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan KLHK dan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat sejak Mei 2020 menelusuri akun Trisna Lasmana, yang memperdagangkan satwa liar dilindungi melalui media sosial.

Dalam operasi penangkapan tersebut, tim mengamankan barang bukti berupa satu surili (Presbytis comata) jantan berusia empat sampai lima bulan dan satu lutung jawa (Trachypithecus auratus) betina dengan kisaran usia empat sampai lima bulan.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Kadungora Kabupaten Bandung Perdagangan Ilegal satwa Liar Surili lutung Jawa perdagangan Daring Jabarnews Berita jwa Barat

Live Stream Bandung 132 TV

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

JMN Channel

tag populer

unduh aplikasi