Lacak Penyebaran Covid-19, Ratusan Warga di Kota Bogor Ikuti Tes Swab

JABARNEWS | BOGOR – Sekitar 100 orang warga di Dinas Kesehatan Kota Bogor mengikuti test Swab yang digelar Dinas Kesehatan perintah setempat guna elacak kasus positif COVID-19.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota Bogor Irwan Riyanto mengatakan pelaksanaan tes swab merupakan langkah pelacakan dari Pemerintah Kota Bogor untuk menelusuri dan memastikan penyebaran COVID-19 di perumahan di Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

Baca Juga:  Pulang dari Masjid, Pria Di Deli Serdang Ini Tewas Ditabrak Mobil

“Pada Selasa (2/6/2020) lalu, ditemukan ada satu warga di perumahan itu yang positif COVID-19 dan sudah dijemput oleh petugas kesehatan,” ujar Irwam, yang juga Koordinator Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Bogor, saat meninjau kegiatan, Sabtu (06/06/2020)

Ia menambahkan Jika dari tes swab ini hasilnya positif, kata dia, maka orang itu akan dikarantina mandiri tingkat mikro di kelurahan, sebaliknya jika hasilnya negatif maka orang itu bebas.

Baca Juga:  Hewan Kurban yang Terjangkit PMK Tidak Sah, Tapi Dianggap Sedekah

“Tidak ada kekhawatiran bisa menularkan pada orang lain,” katanya.

Kemudain, tes swab dilakukan di halaman gedung pertemuan di perumahan tersebut, kata dia merupakan bagian dari program penanganan COVID-19 Provinsi Jawa Barat yang saat ini menerapkan pembatasan sosial berskala mikro (PSBM) atau disebut juga karantina mikro tingkat kelurahan.

Baca Juga:  BMW X1 sDrive18i Tampil Gahar Sebagai Mobil Multi Fungsi

Pada kegiatan itu petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Kota Bogor yang menggunakan alat pelindung diri (APD), yakni pakaian hazmat lengkap. Petugas melakukan pengambilan swab dengan mengambil dahak dan lendir dari setiap warga yang menjalani tes. (Red)