Besok Mall Boleh Buka, Ade Yasin Beberkan Sejumlah Syarat

JABARNEWS | BOGOR – Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat enggan terburu-buru dengan memberikan kelonggaran pada aktivitas di mall maupun di pusat perbelanjaan.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Bupati Bogor Ade Yasin melihat kesiapan pusat pembelanjaan Cibinong City Mall (CCM). Ade ingin pengelola mal bisa menerapkan protokol kesehatan.

“Saya ingin memastikan pengelola mall merepakan standar protokol kesehatan. Mulai dari menyediakan tempat cuci tangan atau hand sanitizer, memeriksa suhu tubuh hingga menerapkan prinsip menjaga jarak atau physical distancing,” jelasnya. Minggu (7/6/2020).

Masih banyak outlet di CCM yang tutup. Beberapa toko yang buka sedang melakukan persiapan. Ada tenant tempat makan yang buka dan melayani pembelian dengan sistem delivery.

Baca Juga:  Begini Cara Melakukan Diet Pisang Yang Benar

Setelah menyambangi tempat makan, Ade melihat situasi di dalam toilet. Ade pun ingin agar protokol kesehatan ini terus diterapkan di tengah pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Usai melakukan peninjauan, Ade mengatakan CCM akan dibuka besok. Dia mengatakan pengelola mal harus bisa membatasi jumlah pengunjung yang masuk, yakni kapasitas maksimal 50 persen. Suhu tubuh pengunjung juga harus diperiksa, yakni tidak boleh di atas 37,5 derajat Celsius.

“Kalau ada kapasitasnya (mal) 100, jadi 50 persen harus dipotong. Jadi hanya 50 orang yang bisa masuk ke sini dan itu harus dicek pakai checker. Jadi misalkan masuk 50, berarti penuh. Ditutup dulu dari luar dan ketika keluar 10 (orang), berarti masuk 10. Itu bergiliran sehingga ini harus terpantau,” kata Ade.

Baca Juga:  Di Jawa Barat, Ada 37.119 UMKM Terdampak Pandemi Covid-19

Dia menambahkan kedisiplinan dan komitmen harus dilakukan ketika mal dibuka. Ade mengungkapkan CMM adalah mal yang pertama diaktivasi. Dia mengatakan aktivasi mal adalah uji coba sebelum menuju adaptasi kebiasaan baru (AKB).

“Kalaupun ternyata kita perlu uji coba atau di masa-masa social distancing ini melanggar, ya terpaksa harus dikembalikan lagi kepada semula, yaitu ditutup kembali. Ada (sanksi bila melanggar). Sanksi administrasi,” ucap dia.

Sementara itu, General Manager CMM Dimas Ario menambahkan kesiapan mal untuk beroperasi kembali sudah 70 persen. Petugas dan protokol kesehatan sudah disiapkan. Besok, kata dia, sebagian outlet non-pangan akan dibuka.

Baca Juga:  Disdik Jabar Terapkan Regulasi Pembelajaran Online dan Luring di Masa AKB

“Intinya sih 70 persen (CCM) sudah siap (buka). Hanya beberapa tenant yang besok jangan dulu buka, kalau sudah siap baru buka. Karena kondisinya sendiri ada beberapa yang masih proses persiapan,” ujar Dimas.

Ade Yasin datang ke CCM, Kabupaten Bogor, sekitar pukul 12.45 WIB. Ditemani Kodim 0621/Kabupaten Bogor Letkol Inf Sukur Hermanto dan Kapolres Bogor AKBP Roland Ronaldy, Ade melihat kesiapan penerapan protokol kesehatan di sejumlah outlet. (Red)