Ternyata Ini Ragam Manfaat Keju yang Jarang Diketahui

JABARNEWS | BANDUNG – Bagi kamu pencinta keju berbahagialah. Sebab selain lezat, salah satu makanan tertua di dunia ini punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Keju sering dianggap sebagai makanan penyebab berat badan menjadi naik dan menyebabkan masalah jantung. Padahal hal ini hanya akan terjadi, jika Anda berlebihan mengonsumsi produk susu tersebut.

Keju terbuat dari susu yang merupakan makanan utuh, dan sebenarnya menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Terlepas dari jenisnya, keju mengandung kalsium dan protein dalam jumlah yang cukup yang baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

Terdapat dua macam keju yang dapat Anda temukan di pasaran yakni keju segar dan keju olahan. Keju olahan sering hanya menggunakan beberapa persen keju dan ditambah dengan pewarna, perasan serta bahan pengawet.

Baca Juga:  Kebiasaan Inilah Yang Dapat Membuat Gusi Anda Berdarah

Sementara itu, keju terbuat dari 100 persen susu sapi segar dan tidak menggunakan pewarna, bahan kimia dan bahan pengawet. Karena terbuat dari susu sapi segar, keju pun memiliki manfaat yang sama dengan susu.

Beberapa manfaat keju di antaranya mencegah osteoporosis, menurunkan tekanan darah hingga memperkuat imun, berikut adalah pemaparannya menurut keterangan resmi Greenfields.

Mencegah osteoporosis

Sebagai makanan yang terbuat dari susu, keju mengandung protein, kalsium, dan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang. Osteoporosis adalah salah satu penyakit yang sangat umum dan dapat dicegah dengan meningkatkan konsumsi kalsium dan protein, yang dapat ditemukan di dalam keju.

Kesehatan gigi

Sebuah studi membuktikan bahwa mengonsumsi keju dapat membantu mencegah gigi berlubang. Di dalam keju terdapat kandungan yang melindungi gigi dari asam atau penyebab lubang pada gigi. Mengonsumsi keju dapat membantu memperkuat gigi dan mencegah masalah gigi lainnya.

Baca Juga:  Tiga Partai Ini segera Deklarasikan Anies Baswedan Jadi Capres 2024, Lalu Siapa Kandidat Cawapresnya?

Mengandung vitamin B12 yang tinggi

Vitamin B-12 adalah vitamin terbesar dan paling rumit yang membantu produksi sel darah merah, protein dan DNA serta baik untuk kesehatan mental dan saraf. Vitamin B12 hanya dapat ditemukan pada produk hewani atau suplemen. Mengonsumsi keju dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin B12 karena keju mengandung 10-39 dan kebutuhan vitamin B12 harian.

Menurunkan tekanan darah

Studi telah membuktikan bahwa mengonsumsi makanan yang tinggi dengan kalsium, seperti keju dapat menurunkan tekanan darah dan membantu mencegah hipertensi. Perlu diingat bahwa selain mengonsumsi kalsium, konsumsi sodium juga harus dibatasi.

Baca Juga:  Sah, Yusril Ihza Mahendra Jadi Pengacara Jokowi-Ma'ruf

Memperkuat sistem imun

Keju yang diperkaya dengan probiotik dapat memperkuat sistem imun tubuh dan mencegah penyakit seperti immunosenescence, yang menyerang daya tahan tubuh. Di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini, penting bagi Anda untuk bisa tetap memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi keju.

Karena rasa dan teksturnya, keju menjadi salah satu makanan favorit banyak orang di seluruh dunia. Meski diketahui bernutrisi dan memiliki manfaat bagi kesehatan, Anda yang gemar makan keju dianjurkan untuk mengonsumsinya dalam porsi kecil atau menyesuaikannya dengan rekomendasi asupan harian yang tepat. (Red)