Tanah Longsor Tutup Jalan Penghubung Desa Usai Hujan Lebat Guyur Ciamis

JABARNEWS | CIAMIS – Hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Ciamis, Jawa Barat sejak Minggu (7/6/2020) sore telah memicu terjadinya longsor di sejumlah tempat di Kabupaten Ciamis.

Di Desa Sukahurip, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat saat hujan masih turun, tebing setinggi 10 meter runtuh selebar 5 meter.

Runtuhan tebing tersebut mengancam akses jalan desa yang dikhawatirkan amblas. Jalan tersebut cukup vital digunakan masyarakat sebagai penghubung antara Desa Sukahurip dengan Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti.

Baca Juga:  Ingin Nikmati Hidangan Lebaran Tapi Takut Kolesterol Naik? Jangan Risau, Ini Tips dari Dokter

Iwan, salah seorang warga setempat mengungkapkan hujan deras mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, membuat tembok penahan tebing longsor, Minggu (7/6/2020). Akibatnya area persawahan warga dan saluran air tertimbun material longsor.

“Tinggi tebing sekitar 10 meter dan lebar 5 meter. Longsor di bahu jalan, menimbun sawah warga dan saluran air untuk persawahan,” kata Iwan, warga setempat saat dihubungi, Senin (8/6/2020).

Baca Juga:  Sebelum Jam Pelajaran Dimulai, Ada Sesuatu Di Sekolah Ini

Sementara itu, Anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Ciamis Anjar Kurniawan membenarkan ada tebing di bahu jalan yang longsor menimbun area persawahan. Pihaknya belum bisa memastikan luas sawah yang terdampak. Namun dilihat dari pantauan di lokasi, sawah yang tertimbun cukup luas.

“Kami akan melaporkan kejadian ini kepada pihak terkait. Supaya ada penanganan. Yang tertimbun juga saluran air yang biasa digunakan untuk pengairan sawah,” ucap Anjar.

Baca Juga:  Karawang Sediakan Ratusan Kamar Hotel Gratis Bagi Tenaga Medis

Menurut Anjar, jalan di atas tebing tersebut menjadi akses utama warga, setiap hari digunakan. Sehingga perlu ada penanganan segera karena bila terjadi hujan setiap hari longsor bisa meluas hingga ke badan jalan.

“Untuk antisipasi kejadian yang tidak diinginkan, kami berharap warga agar berhati-hati, apalagi kalau hujan turun deras dan lama,” tandasnya. (Red)