Kabar Baik, Stadion Wibawa Mukti Bekasi Bertahap Bisa Digunakan

JABARNEWS | BEKASI – Setelah diterapkannya PSBB Parsial pada fase Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) menuju New Normal, Kompleks Stadion Wibawa Mukti (WBM) Cikarang Kabupaten Bekasi, juga sudah mulai dibuka untuk umum, meski dilakukan secara bertahap.

“Bertahap ya, untuk sementara stadion sepak bola belum dapat digunakan karena melibatkan banyak orang,” kata Kasubag Tata Usaha UPTD Wibawa Mukti Ady Safar di Cikarang, Selasa.

Sejauh ini, pihak UPTD WBM sudah memperbolehkan warga untuk memanfaatkan sarana di sekitar Kompleks Stadion Wibawa Mukti. Bahkan, pihaknya tengah mempersiapkan diri menghadapi berbagai kejuaraan yang akan dikeluarkan pihak Provinsi Jawa Barat.

“Memang untuk luar stadion WBM sudah boleh digunakan, namun tentu harus mengikuti protokol kesehatan. Karena pasti, bila Covid-19 usai, akan banyak kejuaraan dilakukan. Sehingga para atlet harus melakukan latihan fisik. Sedangkan untuk lapangan sepak bola masih belum, karena ada pembenahan di dalam area,” ujarnya, Selasa (9/6).

Baca Juga:  HJB ke-538 Bogor, Ustadz Yusuf Mansyur Beri Wejangan

Ia menjelaskan, proses penggunaan stadion pun ada ketentuan khusus, karena cabang olahraga sepak bola melibatkan banyak orang, dan harus ada dilakukan protokol kesehatan yang ketat.

Penggunaan fasilitas olahraga tersebut, kata dia, juga mengacu pada protokol kesehatan di masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) sehingga aktivitas fisik di area itu tidak berpotensi memunculkan klaster baru penyebaran virus.

“Bagi para atlet tentunya ini menjadi latihan fisik menjelang agenda kejuaraan yang pastinya akan banyak digelar usai COVID-19 ini berakhir,” katanya.

Baca Juga:  Omnibus Law Bahas UMKM Bisa Buat PT Secara Online

Menurut Ady, penggunaan Stadion Wibawa Mukti mengacu kepada protokol khusus kesehatan karena lapangan sepak bola digunakan secara berkelompok sehingga pihaknya belum dapat mengakomodir kegiatan fisik di stadion, kecuali untuk penggunaan secara individu.

“Kami akan lihat dulu perkembangannya, yang pasti tidak dibuka sepenuhnya karena masih ada aturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) secara khusus bagi para olahragawan,” ucapnya.

Hal senada dikatakan, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Budaya, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Bekasi, Deni Rustandi mengakui, pihaknya sudah memperbolehkan untuk olahraga di lingkungan stadion Wibawa Mukti. Meskipun, masih ada yang perlu diperhatikan sebelum berada di stadion.

Baca Juga:  Pelatih Persib Tengah Cari Cara Jaga Kondisi Mental Pemain

“Sebenarnya belum dibuka secara resmi. Kalaupun ada masyarakat yang berolahraga jumlahnya dibatasi. Karena saat ini belum ada pemberitahuan resmi dari Jawa Barat,” ujar Deni.

Ia menambahkan, beberapa persiapan sebelum dibuka, pembenahan stadion akan dilakukan dalam waktu dekat. Pembenahan sendiri mencakup pada perbaikan rumput atau verticut.

“Rumput mau dipotong habis dulu. Nanti tinggal akarnya saja. Terus di top dress dan dirapihin lagi pasirnya. Kami fokus disitu dulu, sampai benar benar ada keputusan resmi stadion bisa digunakan,” terangnya.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Bekasi, Suryadi menyampaikan, dibeberapa negara, kompetisi liga Eropa sudah dimulai kembali pasca Covid-19. Umumnya pertandingan dimainkan secara tertutup. (Red)