Pemkot Bandung Dinilai Minim Berikan Informasi Corona kepada Pedagang Pasar

JABARNEWS | BANDUNG – Forum Pedagang Pasar Sadang Serang Kota Bandung menyesalkan atas kurangnya informasi dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung soal adanya pedagang yang dinyatakan positif COVID-19 di pasar tersebut.

Perwakilan Forum Pasar Sadang Serang, Aris Hermansyah, baru mengetahui kabar soal adanya satu orang pasien yang positif melalui pemberitaan dari Wali Kota Bandung, Oded M Danial. Sebelum itu, menurutnya tidak ada petugas dari Dinas Kesehatan yang mengabarkan adanya kasus tersebut ke pihak pasar.

“Harusnya minimal ada dari Dinas Kesehatan memberitahukan kepada Dirut PD pasar, dan disampaikan kepada kepala pasar Sadang Serang untuk memberikan informasi atau imbauan hasil dari rapid test dan swab test,” kata Aris di Pasar Sadang Serang, Kota Bandung, Selasa (9/6/2020).

Baca Juga:  Inilah Daftar Anak Yang Mengalami Kecelakaan Maut di Tol Cipularang

Jika pun ditutup selama 14 hari, ia mengatakan pada dasarnya pedagang pasar bakal menaati kebijakan tersebut. Karena hal tersebut diperlukan untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 selama masa inkubasi.

Dia pun mengatakan pedagang tidak meminta identitas orang yang dinyatakan positif itu. Namun, ia khawatir apabila yang dinyatakan positif itu bukan pedagang di kios pasar.

Baca Juga:  Tiru Aksi Game, Dua Anak Ini Nekat Lompat dari Ketinggian 15 Meter

Karena, kata dia, di pasar tersebut banyak juga pedagang yang berdagang di luar kios-kios atau berdagang dengan lapak di luar kawasan pasar. Sehingga, ia mengatakan para pedagang membutuhkan keterbukaan informasi dari Pemkot Bandung tentang hal itu.

“Kalau benar murni pedagang yang punya kios, kami legowo. Tapi kalau hanya pegawai atau pedagang yang ngemper, kami juga tidak tahu,” katanya.

Dikatakannya, para pedagang langsung syok dan kaget tiba-tiba dinyatakan pasar akan ditutup dan ada COVID-19, kami hanya diimbau untuk tutup saja, tapi tidak diberikan ketenangan,” katanya.

Baca Juga:  Tim Polda Jabar Temukan 6 Korban Meninggal Dunia Longsor Cisolok

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menutup sementara tiga pasar di Kota Bandung setelah ada empat pedagang dari tiga pasar tersebut yang dinyatakan positif COVID-19.

Wali Kota Bandung, Oded M Danial menyebutkan tiga pasar yang ditutup tersebut yakni Pasar Leuwi Panjang, Pasar Haurpancuh, dan Pasar Sadang Serang.

“Totalnya ada empat yang positif, di Pasar Haurpancuh satu orang, Pasar Leuwi Panjang dua orang, Pasar Sadang Serang satu orang,” kata Oded di Balai Kota Bandung, Senin (8/6/2020). (Ara)