Rencana Kenaikan Gaji Pimpinan KPK, Ini Kata ICW

Gaji pimpinan KPK saat ini yakni Rp 123 juta untuk Ketua KPK dan Rp 112 juta untuk Wakil Ketua KPK.

Ketua KPK Firli Bahuri bersama Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, Lili Pintauli Siregar, Nawawi Pomolango dan Nurul Ghufron membacakan pakta integritas saat serah terima jabatan Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK di gedung KPK, Jakarta, Jumat (20/12/2019). (Foto: JawaPoss.com)

JABARNEWS | JAKARTA - Indonesia Corruption Watch (ICW) menolak rencana kenaikan gaji pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK. ICW menyebut ada empat alasan untuk menolak rencana tersebut.

Peneliti ICW Kurnia Ramadhana mengatakan alasan pertama ada potensi konflik kepentingan. Menurut dia, potensi itu muncul bila pimpinan KPK terlibat langsung dalam pembahasan.

Baca Juga:

Soal Aduan Pelanggaran Kode Etik, Ini Jawaban Ketua KPK

Ketua KPK Diadukan Atas Dugaan Langgar Kode Etik



“Pada situasi seperti itu, Pimpinan KPK tidak akan dapat menghitung dan memutuskan secara objektif berapa gaji yang mereka layak dapatkan,” kata Kurnia lewat keterangan tertulis, dilansir dari laman Tempo.co, Selasa (9/6/2020).

Alasan kedua, kata dia, usulan kenaikan gaji tidak sebanding dengan kinerja Firli Bahuri cs. Mengutip hasil survei Indikator, kepercayaan publik terhadap KPK menurun. Menurut dia, hasil survei itu menunjukkan kepemimpinan Firli yang minim prestasi.

Kurnia mengatakan alasan ketiga, pihaknya menolak karena Indonesia tengah dilanda pandemi Covid-19. Menurut dia, sebagai pejabat publik, pimpinan KPK harusnya paham bahwa penanganan Covid-19 harus diutamakan. Terakhir, menurut dia, usulan kenaikan gaji bertentangan dengan pesan moral KPK soal hidup sederhana. Kesederhanaan juga tercantum dalam sembilan nilai integritas yang dibuat KPK.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Kenaikan Gaji Gaji Pimpinan KPK Pimpinan KPK ICW Indonesia Corruption Watch Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Petrus Selestinus Harap Rezim Firli Efektif Berantas Korupsi

Neta Pane: Masa Depan KPK Ditangan Firli

Seleksi Pimpinan KPK Diharapkan Tercipta Pimpinan yang Handal

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi