Polres Purwakarta Santuni Penyandang Disabilitas Sambut Hari Bhayangkara

JABARNEWS | PURWAKARTA – Polres Purwakarta melaksanakan bakti sosial berupa penyerahan santunan kepada warga penyandang disabilitas dalam menyambut Hari Bhayangkara ke-74 tahun 2020.

Sebanyak 50 penyandang disabilitas di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, tak kuasa menahan rasa bahagiannya. Tak henti-hentinya mereka mengucapkan syukur dan terima kasih usai mendapatkan bantuan dari Polres Purwakarta di Hari Bhayangkara ke 74, Pada Rabu (10/6/2020), di lapang Patriatama, Mapolres Purwakarta.

Ketua Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Cabang Purwakarta, Agus Kusnadi, mengatakan ditengah pandemi Covid-19, para penyandang disabilitas ini sangat merasa dampak sekali.

Baca Juga:  Warga Berhamburan Saat Polda Sumut Semprot Disinfektan di Jalanan

Terlebih, para penyandang disabilitas ini bekerja berhubungan erat dengan masyarakat, seperti tunanetra yang rata-rata bekerja di panti pijat dan penjahit.

“Warga disabilitas mesti diperhatikan secara khusus. Jadi, jangan disamakan dalam sosialisasinya, apalagi di kami ada tunawicara yang memerlukan penerjemah,” katanya.

Agus juga menyebut ada 1.200 penyandang disabilitas di Purwakarta yang telah masuk hak pilih. Namun, untuk jumlah keseluruhan penyandang disabilitas di Purwakarta ada sebanyak 5.000 orang.

Baca Juga:  Ngeri! Baru Kemarin Menikah, Anwar Usman dan Idayati Langsung dapat e-KTP dan KK Baru

“Kebanyakan mereka itu tunadaksa dan penyandang disabilitas di Purwakarta ini ada di lima organisasi. Alhamdulillah dengan adanya bantuan dari Kapolres Purwakarta ini kami sangat merasa terbantu, sekali lagi kami ucapakan terima kasih Bapak-bapak polisi,” ucap Agus.

Sementara, Kapolres Purwakarta, AKBP Indra Setiawan, mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian Hari Bhayangkara ke 74 dan kepedulian Polri terhadap para penyandang disabilitas di Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga:  PT LIB Minta Kompetisi Liga Kembali Dijalankan

“Ini merupakan bagian dari rasa kepedulian kami terhadap warga khususnya mereka yang mengalami keterbatasan fisik,” kata Indra.

Ditambahkan Kapolres, Bakti sosial hari ini sementara diberikan kepada para disabilitas sebanyak 50 orang.

“Kami menyasar mereka yang kurang mampu dan akan lanjutkan lagi di tahap berikutnya. Untuk pertama ke disabilitas dahulu. Semoga bantuan ini bermanfaat,” papar Indra. (Gin)